Masih bisa membayangkan wajah Mbak Titik Puspa saat ini? Kira-kira usia berapa beliau itu? Rahasia apa ya kok bisa awet muda kendati pun usia merambat naik ke waktu maghrib? Begitulah kira-kira sederetan pertanyaan pendengar yang pernah sehat dengan reiki dengar di radio yang tengah membahas masalah Awet Muda dengan Pijat Chi. Gaya hidup sehat tetap awet muda adalah dambaan setiap orang yang ingin sehat organ-organ tubuhnya.

Tetap awet muda di usia lanjut tentu menggembirakan setiap orang. Berbagai langkah pun dilakukan, dari mengkonsumsi pil awet muda, pemakaian kosmetik, totok wajah, terapi hormon sampai tindakan bedah estetika agar kulit tetap kencang. Di luar praktisi reiki yang biasa menyalurkan energi reiki setiap hari ke wajah, non praktisi reiki pun bisa mempraktekkan jurus salah satu rahasia awet muda dengan teknik pijat chi ala Tao.

Sebagai upaya mempertahankan keremajaan kulit tubuh utamanya kulit wajah agar tidak cepat berkerut, Taoist Self-Massage Rejuvenation sebagaimana ditulis Mantak Chia dalam buku Pijat Rahasia Awet Muda Tao, menitikberatkan menghilangkan halangan dari medan meridian atau saluran energi dari indra dan organ-organ tubuh vital. Yang biasa menerima pengaruh dari luar tubuh lebih dulu adalah indra.

 

Dengan memperkuat indra akan membantu melindungi pengaruh dari luar yang membawa pengaruh negatif pada tubuh. Misal pengaruh sengatan sinar matahari di tengah hari bolong akan membuat kulit terpanggang dan terlihat kusam. Indra mata kita pertama kali yang bisa merasakan pengaruh ini. Secara kasat mata wajah terasa panas bahkan keluar keringat berlebihan.

Agar pengaruh sengatan sinar matahari ini bisa dikurangi efeknya maka teknik pijat wajah yang diajarkan Mantak Chia boleh dicoba. Pijat wajah merupakan perawatan kecantikan yang jauh lebih efektif dibandingkan pemakaian kosmetik. Dengan pijat maka kulit Anda akan tampak cerah, kinclong dan halus alami. Sebenarnya Mantak Chia juga mengajarkan teknik pijat pada sekujur tubuh.

Mari kita mulai dengan teknik pertama yaitu mengalirkan energi chi ke bagian wajah. Kondisikan Anda rilek secara psikis dan fisik dengan cara ambil napas, lalu kerutkan organ seks, anus bagian tengah dan depan dan seluruh pantat dikejangkan. Setelah napas ditarik lalu tahan sambil menggosokkan tangan, katupkan gigi dan letakkan lidah di langit-langit mulut. Akan terasa wajah panas, bayangkan energi panas ini mengalir ke tangan. Bila tangan sudah cukup hangat bawalah perhatian Anda ke wajah dan tahan napas hingga wajah terasa panas.

Berikutnya gosokkan tangan lebih dulu hingga terasa hangat. Ambil napas lalu tutupi seluruh wajah dengan telapak tangan dan lakukan pemijatan. Pijatlah ke atas untuk mengurangi kerutan wajah. Lalu hembuskan napas dan wajah tetap rilek. Berhenti memijat lalu tersenyumlah sampai terasa adanya aliran hangat di seluruh wajah.

Ingat depresi, stress atau sedih berkepanjangan menyebabkan sudut-sudut mulut melorot sehingga sistem dan aliran energi terbendung. Padahal wajah yang ceria, bahagia dan menarik sangat tergantung kepada sudut-sudut mulut. Pergunakan ibu jari dan telunjuk tangan kanan lalu sentuhlah kedua sudut mulut dan rasakan aliran energi chi dari ibu jari serta jari telunjuk mengalir deras ke sudut-sudut mulut. Perlahan-lahan tekanlah dan naikkan atau dorong ke atas sekitar satu inchi lalu lepaskan. Ulangi ya gerakan ini sampai 20 kali setiap hari.

Seandainya Anda praktisi reiki maka langkah diatas dapat Anda aplikasikan dengan affirmasi reiki untuk mengencangkan kulit, meremajakan kulit serta menghilangkan noda-noda yang mengganggu di wajah. Selesai dengan affirmasi ini…masih tetap santai tarik dan alirkan energi chi/ki ke seluruh wajah. Usap wajah dengan kedua telapak tangan sehingga wajah terasa hangat, dingin silih berganti dan sekarang nikmati kesegaran kulit wajah sambil membayangkan wajah Anda tetap muda di usia tua.

Bahan tulisan: Gaya Hidup Awet Muda ( disunting )