Sebuah kecelakaan bus yang terjadi di wilayah pegunungan Peru mengakibatkan sedikitnya 19 orang tewas, Jumat 25/02. Kesalahan sopir diduga menjadi penyebab bus naas tersebut masuk ke jurang sedalam 180 meter saat menuju ibukota Lima.

Akibatnya kecelakaan tersebut seluruh penumpang bus the perla del sur yang berjumlah 56 orang, di antaranya 37 orang menderita cedera dan 19 orang tewas. Saat musibah itu terjadi pada pukul 3.30 waktu setempat, di dekat kota Huarochiri, bus naas tersebut melaju ibukota Lima dari Huancayo dengan menempuh jarak 310 kilometer.

Para petugas gawat darurat segera dikerahkan untuk mengangkut para korban ke rumah sakit terdekat di wilayah ibukota Lima. Pejabat polisi setempat mengatakan, informasi awal menunjukkan bahwa kecelakaan itu akibat kesalahan sopir.

Sebuah bus antarpropinsi jatuh ke dalam sebuah jurang, dan menyebabkan sedikitnya 19 orang penumpangnya tewas. Kejadian ini terjadi pada Jumat (25/2) di Andes, sebelah timur kota Lima.

Perusahaan yang memiliki bus tersebut, Perla del Sur, mengatakan bahwa bus itu berpenumpang 60 orang. Perusahaan juga mengatakan sebelumnya mereka tidak pernah mengalami kecelakaan dengan korban jiwa.

Kecelakaan di jalan raya merupakan kasus yang sering terjadi di Peru, karena pengawasan yang minim terhadap layanan bus dengan rute panjang. Para pengemudi juga harus berhadapan dengan jalan pegunungan yang sulit dan sempit, serta hujan lebat dalam beberapa musim tertentu.

Sumber : Latin/Reuters : Peru in Bus Crash.