Geografi dari situasi politik pada abad ke-13 berperan besar dalam pendirian Kerajaan Monako, negara terkecil kedua di dunia. Negara kecil ini terletak di pinggir Laut Mediterania, antara kota Nice ( Perancis ) dan perbatasan Italia. Sejarah Monako dimulai dari sebuah benteng yang dibangun di atas perbukitan karang yang menjorok ke Laut Mediterania.

Pada Januri 1297 wilayah ini dikuasai faksi-faksi di Italia yang menentang Paus, sampai akhirnya sekelompok kecil tentara yang dipimpin oleh Francois Grimaldi yang memasuki benteng dengan menyamar biarawan, mengambil alih benteng itu. Setelah kematiannya tahun 1309, Francois digantikan sepupunya, Rainer I, Lord of Cagnes, sekaligus mengawali kekuasaan keturunan keluarga Grimaldi yang terus berlangsung sampai hari ini.

Menurut situs GeoWeek sebagaimana dilansir oleh Kompas, meskipun sangat mungil negara Monako dengan luas hanya 1.8 kilometer persegi, Monako merupakan pelabuhan penting dan pos militer strategis di awal sejarahnya. Tahun 1861, kerajaan ini menyerahkan sebagian teritorinya kepada Perancis dengan imbalan kemerdekaan dan bantuan keuangan. Penguasa Monako saat itu, Charles III memfokuskan diri pada pembangunan ekonomi lewat pariwisata dan perjudian.

Selain kasino, Monaco juga memiliki objek wisata lainnya. Apalagi kalau bukan Istana, tempat tinggal Pangeran Rainier III. Upacara pergantian pengawal istana yang berlangsung setiap pukul 11.55 itu, cukup menarik minat wisatawan maupun penduduk lokal. Yang penasaran melihat Istana bisa terpuaskan dengan membayar 6 euro.
Beda dengan St. Paul yang dipadati penduduk maupun turis, Eze jauh lebih senyap. Terlebih di musim dingin, penduduk yang tinggal hanya sekitar 30 orang, sementara yang lainnya mengungsi ke kota lain yang lebih hangat.
Karena letaknya di tepi laut, Monaco juga memiliki museum andalan Oceanographic Museum, yang digagas oleh Pangeran Albert I dari Monaco, mantan Angkatan Laut sekaligus peneliti kelautan. Di sini digelar berbagai koleksi ilmiah beliau yang terdiri dari berbagai jenis ikan, spesimen hingga kerangka tulang ikan.Rainer naik tahta lebih dari 50 tahun, menjadikannya sebagai salah satu pemimpin negara terlama pada abad ke-20. Ia melakukan diversifikasi dengan menjadikan Monako sebagai pusat perusahaan perbankan dan pusat konvensi. Ia digantikan putranya, Pangeran Albert II tak lama sebelum ia meninggal dunia tahun 2005.

Sejarah modern Monako mencakup pernikahan Pangeran Rainier III yang naik tahta tahun 1949 dengan bintang film AS, Grace Kelly. Putri Grace meninggal dunia tahun 1982 dalam suatu kecelakaan mobil di Monako. Diduga ia terkena stroke saat berkendara dan tak mampu lagi mengontrol kendaraannya yang dikemudikannya.

Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco atau Monaco; Monegasque: Munegu atau Principatu de Munegu) adalah sebuah negara-kota dan negara terkecil kedua di dunia, setelah Vatikan, yang terletak di antara Laut Mediterania dan Perancis di sepanjang Pantai Biru ( Côte d’Azur ). Sebagai negara yang dikenal berbiaya hidup tertinggi di kawasan French Riviera, Monaco menjadi tempat tinggal orang-orang jet set maupun tempat tujuan para wisatawan kaya yang ingin memanjakan diri.

Sumber : GeoWeek. Photo by : Aneh77 blogspot.com