Manfaat dari kekayaan alam Indonesia diteliti di Amerika Serikat menyebutkan salah satunya, obat yang ramuannya mengandung kunyit berkemungkinan memulihkan kondisi tubuh yang rusak karena stroke. Peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, AS…kini sampai pada persiapan untuk melakukan pengujian obat tersebut kepada manusia. Setelah percobaan pada kelinci memberikan hasil memuaskan, obat tersebut ternyata bekerja pada sel-sel otak dan bisa mengurangi masalah pada gerak dan otot.

Kunyit yang mengandungi 3% lemak, 30% karbohidrat, 8% protein, vitamin C dan garam-garam mineral seperti besi dan kalsium. Zat inilah yang menjadikan kunyit begitu bermanfaat bagi tubuh manusia.

Menurut pihak Asosiasi Stroke, hasil tersebut merupakan hasil signifikan pertama kali dicapai yang mengindikasikan bahwa komposisi obat tersebut bisa membantu pasien stroke. Kunyit antara lain telah digunakan sebagai obat tradisional selain oleh Indonesia juga suku Ayurvedic yang tinggal di India. Studi laboratoriom menunjukkan, zat curcumin memiliki berbagai manfaat. Namun, curcumin tidak bisa lolos dari penghalang darah ke otak ( blood brain barrier ) yang melindungi otak dari molukel-molukel beracun.

Tim peneliti dari AS tersebut melaporkan penemuan itu pada sebuah konferensi tentang stroke. Mereka memodifikasi curcumin menjadi versi CNB – 001 yang bisa menembus penghalang tadi. Dari percobaan pada kelinci tersebut ditemukan, obat tersebut efektif hingga tiga jam setelah stroke terjadi pada manusia. Hal ini sama dengan batas waktu efektif dalam pengobatan stroke yang sekarang ini berlaku.

Sumber : BBC/ISW Kompas.