Sejak menulis di blog berisikan tentang reiki selama tiga tahun ini, barangkali ada diantara pembaca blog yang belum mengenal reiki dengan kaitan Lima Gerakan Awet Muda Tibet, maka dalam kesempatan ini sehat bersama kundalini reiki kembali ingin mengulang sedikit hal tentang reiki. Orang pun tahu bahwa Reiki hanyalah teknik penyembuhan diri sendiri dan orang lain dengan memanfaatkan energi alam semesta yang ada di sekitar kita dengan jalan menempelkan atau mengarahkan kedua telapak tangan ke badan.

Dengan menempelkan atau mengarahkan kedua telapak tangan menandakan bahwa ada energi yang tidak kelihatan masuk ke tubuh energi pemiliknya. Dengan kata lain energi keluar lewat chakra telapak tangan dan diakses dari alam masuk lewat chakra mahkota. Oleh sebab energi reiki tidak kasat mata bukan berarti reiki sebuah teknik yang ghaib atau pun aneh. Cara kerja reiki sebenarnya sudah jamak dilakukan oleh orang tua kita dulu atau kita sendiri yang secara reflek menggosokkan kedua telapak tangan lalu menempelkan kedua telapak tangan tadi ke bagian yang sakit di tubuh kita.Tentu Anda masih ingat bukan?

Dengan menggosokkan kedua telapak tangan tadi selain menghangatkan kedua telapak tangan pada hakekatnya merangsang chakra telapak tangan agar lebih aktip lebih dulu baru lah menempelkan kedua telapak tangan tadi ke tubuh yang sakit. Walaupun tidak memberikan hasil yang luar biasa, cara alami ini cukup membantu. Baru setelah mempelajari reiki secara mendalam ada aturan tata cara untuk dapat menyalurkan energi reiki ini dengan lebih dulu mendapatkan attunement/penyelarasan tubuh energi calon praktisi reiki agar dengan niat saja energi reiki mengalir masuk ke tubuh praktisi reiki.

Tidak ada teknik gerakan khusus dalam menyalurkan reiki ke diri sendiri atau orang lain. Kita diajarkan santai, pasrah lebih dulu sebelum penyaluran energi reiki. Kita pun sadar bahwa kesembuhan sejatinya ada di tangan Tuhan Pemilik Alam Semesta ini. Sebagai penyalur energi hakekatnya kita sebagai saluran saja dari energi alam semesta. Oleh karena itu ada tata cara yang juga dilakukan oleh semua praktisi reiki bahwa sebaiknya sebelum dan sesudah mengakses reiki berdoa dulu menurut iman dan kepercayaan yang dianut praktisi reiki. Kesembuhan sendiri adalah rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang kita pinta dalam doa sebelum dan sesudah mengakses reiki.

Apa yang terjadi setiap kali energi kita akses? Reiki akan membersihkan tubuh Anda dan tubuh energi sehat dengan reiki sendiri dari kumpulan energi negative penyakit dalam tubuh. Di samping membersihkan tubuh, reiki juga memperkuat energi dan aura pemiliknya dari gangguan penyakit sehingga hidup akan jauh lebih sehat dan bugar. Tetapi….ada tetapinya bukan berarti sebagai praktisi reiki seseorang akan menjadi manusia sakti alias super dan tidak sakit. Sebagai praktisi reiki pun kita tetap dituntut menjalankan pola hidup sehat secara medis kedokteran. Bagaimana caranya?

Sehat berkat kundalini reiki tetap mengacu kepada diet sehat atas makanan yang kita konsumsi yang menganjurkan lebih banyak makanan tinggi serat rendah lemak. Kita sadar bahwa semakin usia senja seseorang yang terlalu sering makan mengandung lemak berlebihan cenderung mempunyai masalah penyempitan pembuluh darah di organ tubuh. Pola hidup tidak sehat lainnya adalah malas melakukan aktivitas fisik yaitu olah raga teratur setiap harinya. Gampang stress dan istirahat tidak cukup juga bisa memicu kesehatan menjadi turun dan akhirnya jatuh sakit.

Agar tubuh tetap sehat sejak usia muda hingga tua ada baiknya menjalankan diet ketat atas makanan yang dikonsumsi, makan teratur di setiap jam makan tiba, istirahat cukup serta olah raga teratur dan mengatur pola hidup agar tidak gampang stress. Ini bisa dilakukan semua orang termasuk yang tidak menjadi praktisi reiki. Barulah setelah menjadi praktisi reiki latihan khusus reiki sebagai pelengkap menuju manusia sehat secara fisik dan spiritual adalah semakin sering menyalurkan energi reiki ke diri sendiri dan juga orang lain baik berhadapan muka atau jarak jauh.

Sehat bersama kundalini reiki sendiri selama menjadi praktisi reiki dalam kehidupan sehari-hari lebih sering self healing setelah beraktivitas fisik jalan kaki pagi. Dengan self healing sebenarnya energi reiki yang masuk tubuh tidak langsung masuk tubuh fisik melainkan masuk ke lapisan tubuh yang lebih tinggi atau lebih halus. Dibantu olah raga…misalnya jalan kaki tadi yang hakekatnya mengaktipkan seluruh chakra utama selama berjalan kaki yang dengan sendirinya juga melancarkan sirkulasi energi di dalam tubuh, barulah energi masuk ke seluruh lapisan tubuh secara merata termasuk lapisan tubuh fisik ketika latihan self healing dijalankan.

Gerakan olah raga fisik yang mengacu kepada Lima Gerakan Awet Muda Tibet adalah olah raga yang memberikan hasil terbaik bagi praktisi reiki. Gerakan ini juga ikut membersihkan nadi,chakra dan pengembangan chakra dalam tubuh. Gabungan dari reiki dan olah raga Lima Gerakan Awet Muda Tibet memberikan hasil bagus bagi yang mempraktekkannya untuk kesehatan bahkan untuk tujuan yang bersifat spiritual. Bagi yang bukan praktisi reiki pun tidak usah berkecil hati, Anda dapat melatih sendiri setelah membaca buku ini dan mempraktekkan secara teratur. Dalam latihan ini Anda juga akan dibimbing bagaimana belajar bernapas secara benar.

Mungkin Anda akan berkata bahwa ajakan belajar bernapas adalah sesuatu yang aneh bukan? Anda dan saya sadar bahwa dalam hidup ini adalah bernapas setiap saat detik demi detik tanpa pernah berhenti. Bukankah bernapas adalah proses otomatis dalam tubuh ini? Dengan bernapas berarti kita hidup dan dengan berhenti bernapas berarti kita mati. Untuk tetap hidup tentu saja kita bernapas, maka apa gunanya belajar bernapas dengan benar?

Bernapas yang benar ini adalah latihan untuk meningkatkan kapasitas udara yang masuk dan keluar saat kita bernapas. Bernapas dengan benar adalah melatih chakra kita untuk aktip menarik dan mengeluarkan energi dengan sebaik-baiknya sekaligus juga melatih menarik oksigen dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida keluar dari tubuh. Dalam latihan meditasi sebagai langkah awal masuk relaksasi, terlebih dulu kita menarik dan membuang napas secara teratur layaknya bernapas yang benar dalam persiapan Lima Gerakan Awet Muda Tibet.

Ada pola pernapasan segitiga sama sisi ada juga pola pernapasan 5-3-5-3 bahkan Anda dengan bebas bisa mengatur irama menarik dan membuang napas tanpa terikat dengan pakem pernapasan segitiga sama sisi atau pernapasan 5-3-5-3 tadi. Anda bebas berkreasi dengan pola pernapasan yang Anda sendiri mampu menarik-menahan-membuang napas dengan jumlah hitungan tertentu menurut kemampun sendiri. Pertanyaan sehat dengan kundalini reiki untuk Anda semua…kira-kira pola pernapasan model apa yang cocok bagi Anda untuk melatih irama pernapasan yang benar sebelum mempraktekkan latihan ini?

Sumber gambar : Google Images/Sumber Tulisan : Lima Gerakan Awet Muda karya Irmansyah Effendi Master Reiki Tummo.