Reiki atau energi alam semesta adalah energi penyembuh baik kepada manusia, hewan bahkan tumbuhan. Mikao Usui sebagai penemu reiki modern menyebut reiki sebagai energi yang cerdas dimana metode penyembuhan dengan mengalirkan reiki ini selanjutnya disebut Reiki-Ho. Sehat dengan reiki menerima penjelasan dari Master Tibetan Usui sewaktu mengikuti temu alumni Mahameru Reiki saat persiapan penyelarasan Tradisi Kundalini Reiki.

Reiki Ho sebagai salah satu sistem penyembuhan holistik memanfaatkan reiki secara optimal. Lebih populer lagi Reiki-Ho juga dikenal sebagai salah satu seni penyembuhan dengan menggunakan kedua telapak tangan yang diarahkan ke tubuh pasien atau tubuh diri sendiri. Memang pada umumnya saat penyaluran energi reiki peranan kedua telapak tangan sangat berperan hanya dengan menempelkan telapak tangan atau tidak ke tubuh pasien. Sensasi yang akan dirasakan praktisi ataupun pasien adalah sama-sama merasakan hawa hangat, panas, sejuk bahkan dingin saling bergantian.

Sebagai teknik penyembuhan holistik yang memanfaatkan energi alam semesta, Reiki-Ho merupakan penyembuhan holistik yang paling populer di seluruh dunia. Memang sebelumnya belum pernah ada teknik penyembuhan holistik model reiki ini. Setelah diketemukan dan digali oleh Mikao Usui reiki dengan cepat menyebar ke lima benua. Amerika Serikat menjadi salah satu negara pusat pengembangan Reiki-Ho tercepat dengan jumlah praktisi Reiki-Ho mencapai lebih dari 200.000 orang di tahun 2002.

Rumah sakit di USA pun menempatkan Reiki-Ho sebagai salah satu treatment resmi di samping penyembuhan medis berdasarkan ilmu kedokteran Barat. Rumah sakit tersebut antara lain Tucson Medical Center (Arizona), Portsmouth A Regional Hospital ( New Hampshire) dan California Pasific Medical Center. Di Indonesia rumah sakit yang telah melengkapi dirinya dengan Reiki-Ho sebagai treatment di samping treatment kedokteran Barat, antara lain rumah sakit Kanker Darmais dan Rumah Sakit Yayasan Suryani di Bandung.

Di samping kedua rumah sakit itu sejumlah klinik reiki pun bermunculan yang didirikan oleh alumni tradisi reiki berbagai aliran. Masing-masing praktisi pun juga mengabdikan ilmunya ini memberikan pelayanan kesehatan baik secara pribadi atau saat bakti sosial penyembuhan reiki kepada masyarakat luas. Dengan semakin aktipnya setiap praktisi reiki dalam penyembuhan maka semakin percaya dirilah setiap praktisi reiki dalam mengamalkan ilmunya.Jadi hilangkanlah sifat ragu-ragu dalam mempraktekkan reiki. Dalam lingkup kecil Anda dapat menyalurkan reiki kepada keluarga terdekat, tetangga bahkan kenalan yang berada di tempat jauh sekalipun asalkan ada niat dan kemauan mereiki maka reiki akan bekerja saat itu juga.

Setiap orang dapat memperoleh kemampuan Reiki-Ho. Tidak perlu bakat tertentu dalam belajar reiki apalagi bakat kemampuan kewaskitaan. Tidak perlu menjalani ritual agama tertentu untuk dapat belajar reiki karena Reiki-Ho tidak ada hubungannya dengan agama tertentu.Cukup seorang praktisi reiki memperoleh attunement dari seorang Reiki Master saja maka ia dapat mengakses Reiki-Ho saat itu juga.

Kewenangan memberikan attunement hanya ada pada seorang Reiki Master Pengajar saja. Attunement adalah penyelarasan seseorang dengan Reiki atau lebih tepatnya sumber Reiki yang ada di alam semesta. Umpama Anda atau sehat berkat reiki sebelum menjadi praktisi reiki, diibaratkan sebagai pesawat radio/televisi yang sedang dirakit di pabrik, agar nanti pesawat ini bisa tunning dengan pemancar maka penyelarasan getaran frekwensi radio/televisi dengan pemancar disamakan lebih dulu getaran energinya.

Getaran energi calon praktisi reiki melalui chakra dalam tubuh energinya. Utamanya chakra mahkota dan chakra kedua telapak tangan calon praktisi reiki diaktipkan secara bersama-sama lebih dulu baru chakra jantung dan chakra ajna. Agar kemampuan Reiki-Ho semakin meningkat maka praktisi reiki harus rajin melatih menyalurkan reiki sesering mungkin.Latihan bisa dalam bentuk self healing, healing ke orang lain tatap muka dan healing berkelompok dalam kelas reiki. Bila praktisi reiki sudah naik kelas maka ia mampu menyalurkan reiki ke objek lain yang tak terbatas jarak jangkauannya bahkan dengan membuat progam penyaluran reiki, maka reiki akan bekerja sesuai dengan niat praktisi membuat progam penyaluran reiki ini.

Sumber: Mahameru, Light Healing Institute, Reiki 1 dan 2 Januari 2004 halaman 5-6 (disunting).