Apabila Anda sudah menjadi praktisi reiki diharapkan chakra utama Anda akan semakin aktif seiring dengan menyalurkan reiki dan berlatih membersihkan chakra melalui praktek meditasi. Demikian pesan Senior Personal Mastery kepada sehat dengan kundalini reiki dan teman-teman praktisi ketika mengikuti Lokakarya Reiki di Hotel Indonesia tahun 2003 lalu. Aktifnya chakra utama karena Anda telah menjalani attunement yang dilakukan Master Reiki di mana sebelumnya Anda tidak bisa mengakses Reiki, kini hanya dengan “niat semata” seketika itu juga Chakra Mahkota akan bergetar mengikuti getaran energi alam semesta (reiki) dan reiki pun masuk ke tubuh dan keluar kembali melalui Chakra telapak Tangan kanan dan kiri.

Boleh jadi setelah menjalankan paktek latihan reiki kepekaan akan energi yang mengalir ke seluruh tubuh akan semakin terasa begitu tangan menempel di tubuh. Bahkan untuk mentransfer reiki jarak jauh pun kepada objek penerima yang berjarak ribuan kilometer yang berbeda negara dan waktu pun energi tetap mengalir dengan deras. Ini dibuktikan dengan keluarnya energi di telapak tangan kanan dan kiri dengan sensasi hawa panas menyengat kadang-kadang hawa sejuk bahkan dingin saling bergantian keluar lewat chakra telapak tangan.

Saya sendiri dulu juga heran apa bisa reiki ditransfer ke objek yang berjarak ribuan kilometer dari tempat tinggal sehat dengan kundalini reiki. Namun dengan bantuan pesawat HP dan komunikasi Internet saya mendapat jawaban bahwa energi reiki telah diterima dengan baik oleh kerabat saya di Denver Colorado USA di mana dia merasakan kantuk yang luar biasa disertai adanya hawa panas dingin yang merasuki tubuhnya.

Selang beberapa kali transfer energi reiki yang saya lakukan dengan sistem pemrogaman energi dan distance healing langsung, segala keluhan sakit yang dia rasakan mulai berkurang dan saya sendiri menyarankan untuk selalu aktip mengakses reiki sendiri setiap kapanpun tanpa komunikasi dengan saya lebih dulu mengingat reiki untuk kerabat ini selalu saya up-date energinya dan dibuat sistem pemrogaman reiki jarak jauh.

Maaf kawan… sistem pemrogaman reiki jarak jauh ini memang sulit sekali dilakukan. Hanya praktisi reiki yang sudah duduk di tingkat master dan senior personal master saja bisa melakukannya. Di samping pemahaman tentang energi reiki juga memahami simbol-simbol reiki yang khusus digunakan untuk pengiriman reiki jarak jauh. Namun dengan seringnya mempraktekkan reiki dengan sistem pemrogaman kendala kesulitan ini akan teratasi asalkan yakin dan percaya bahwa reiki mampu bekerja sesuai dengan niat dan pikiran praktisi sendiri.

Chakra utama dalam tubuh manusia bisa kotor yang akan mengakibatkan daya kerja chakra melambat. Untuk itulah agar chakra utama tetap bersih diperlukan latihan membersihkan chakra sehingga chakra akan tetap aktif. Menurut Sumarsono Wuryadi LRM seorang penyembuh holistik sebagaimana ditulis dalam intisari mind, body and soul ada cara untuk mengaktifkan chakra dalam tubuh manusia.

Cara pertama dengan bantuan praktisi penyembuh reiki. Namun orang awam yang tidak belajar reiki pun dapat belajar mengaktifkan chakra sendiri. Di antaranya dengan olah raga yang menggerakkan tubuh semisal jalan kaki dengan speed tertentu. Lalu olahraga gerakan kepala untuk mengaktifkan chakra ajna, mahkota dan tenggorokan. Gerakan tangan dan tubuh tengah mengaktifkan chakra jantung, pusar dan seks. Gerakan kaki bawah mengaktifkan chakra seks dan dasar. Lihat semua gerakan Yoga sebenarnya mengaktifkan seluruh chakra.

Setelah gerakan tubuh dengan olahraga ini, meditasi chakra healing bisa dilakukan dengan bantuan musik utamanya musik yang teduh seperti musik klasik. Memang meditasi banyak gunanya, bisa memperbaiki dan mengaktifkan chakra, memperbaiki sirkulasi energi, mengaktifkan perputaran sirkulasi energi. Apabila jenis meditasi kundalini yang dipilih maka sirkulasi energi seluruh chakra akan berfungsi optimal. Dengan optimalnya chakra dalam tubuh maka chakra yang berhubungan dengan organ tubuh tertentu akan bekerja dengan baik yang efeknya kesehatan organ tubuh akan terjaga.

“Cara lain untuk menjaga aktifnya chakra dengan menyatu bersama alam semesta, berhubungan dengan udara segar pegunungan atau di pantai. Atau menarik energi dari alam semesta misalnya kita duduk di bawah pohon rindang, otomatis akan terjadi interferensi energi pada diri kita, sehingga kita menjadi segar dan tetap menjaga pikiran positif,” jelas Sumarsono lebih lanjut.

Saya percaya Anda juga sering sebal di rumah. Cobalah pergi ke luar, melihat pemandangan alam, tarik nafas segar maka rasa sebal akan hilang. Dengan memendam rasa sebal maka chakra chakra solar yang berhubungan dengan psikis dan perasaan pasti akan terganggu. Bila sudah yakin hal itu sebenarnya cukup dengan niat saja Anda dapat membersihkan chakra dalam tubuh.

Misalnya kita berniat dalam hati,” Ya Tuhan, bersihkan dan aktifkan selalu chakra dasar atau sebut chakra lainnya agar tetap bekerja maksimal.” Pasrahlah, otomatis energi Ilahi akan bekerja. Sebab kata (niat) itu sudah merupakan software. Niat sendiri itu sudah merupakan energi. Energy follows the mind, energi mengikuti pikiran pemiliknya.

Jika Anda mengarahkan pikiran memperhatikan chakra dasar, maka chakra dasar akan memperbaiki diri. Karena bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, sekalipun Anda bukan praktisi reiki dan tidak kenal sehat dengan reiki, maka chakra yang lainnya pun bisa dibersihkan hanya dengan niat saja. “Saya ingin memperhatikan chakra seks saya, bersihkan dan aktifkan chakra seks saya…Ya Tuhan, maka langsung bekerjalah chakra sex itu secara automatically.