Menurut Henry Chang (1996) dalam bukunya Longevity Through The Organic Lifestyle bagi mereka yang ingin hidup sehat bugar sampai lansia, minimal harus melaksanakan beberapa kebiasaan atau gaya hidup sehat (organic lifestyle) secara tekun dan berkesinambungan sejak usia muda. Nah, siapkah Anda mempraktekkan kiat ini? Mari sehat dengan reiki ajak Anda meresapi ajakan ini dengan hati nurani jernih tanpa prasangka buruk apa pun.

1. Back to Nature atau kembali ke alam.

Dengan melakukan kegiatan dan tindakan yang memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan dengan lingkungan hidup ( fisik, alam dan sosial). Misalnya menghindari semua kegiatan dan tindakan yang meracuni dan merusak lingkungan hidup. Lingkungan yang tercemar justru akan mempercepat proses “kiamat”, minimal membuat manusia sakit-sakitan dan menderita, sehingga sisa umurnya tidak bisa dinikmati.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Jumlah air putih yang dikonsumsi sekitar 6-8 gelas per hari karena air merupakan sumber kehidupan di bumi dan zat gizi utama berada dalam molukel air. Syukur bisa mengkonsumsi air putih yang molukel airnya heksagonal. Ingin tahu cara membuat air heksagonal ada kiatnya ?
Sekitar 65 persen tubuh kita terdiri dari air, sehingga sedikit saja terjadi kekurangan pasokan air dampaknya sangat serius terhadap penampilan dan kesehatan tubuh. Air yang diminum tentu saja harus memenuhi syarat kualitas air minum dan kesehatan. (Permenkes No.416 tahun 1990). Sebaiknya air tersebut dimasak lebih dulu sebelum diminum..

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sebaiknya kegiatan ini dilakukan antara jam 6 s/d 9 pagi selama beberapa menit dan menghirup udara segar pagi hari sebanyak-banyaknya. Selain air, sinar matahari dan udara bersih juga unsur utama kehidupan kita. Namun, hendaknya kita menghindari terik matahari pada siang hari antara pukul 10 s/d 15. Sebab hal itu dapat merusak kulit, mata, rambut dan lainnya yang mengakibatkan penuaan dini.

4. Lakukan olahraga secara teratur dan berkesinambungan.

Ambil olahraga senam pagi, joging dan jalan kaki pagi minimal 4-5 km dengan waktu 1 jam saja.Jenis olahraga yang dilakukan hendaknya disesuaikan dengan keadaan fisiologis, teratur dan terukur agar manfatnya pada kesehatan fisik dan mental lebih bermakna. Anda bisa juga ikut dalam progam kegiatan olahraga di tempat-tempat kebugaran kalau banyak duit. Tetapi kalau tidak punya duit banyak lakukan saja olahraga jalan kaki pagi hari sebagaimana sehat dengan reiki lakukan setiap hari mimimal 1 jam dengan jarak tempuh seperti contoh di atas. Jalan kaki tidak perlu mengeluarkan duit yang diperlukan kemauan kuat dan tidak malas.

5. Selalu berpikiran positif.

Arahkan emosi yang menggebu kepada hal yang positif dan mengendalikan stress kepada hal yang bermanfaat. Emosi dan stress yang positif diperlukan untuk menggairahkan semangat hidup dalam meraih cita-cita, kemajuan dan kesuksesan hidup. Mari bersahabat dengan emosi.

6. Lakukan refreshing dan tidur cukup.

Upayakan tidur yang berkualitas dan selalu sediakan waktu untuk refreshing. Misalnya, setelah jenuh bekerja 2-5 jam istirahatlah sejenak. Pejamkan mata, tenangkan pikiran dan buatlah tubuh menjadi rileks. Kiatnya bisa Anda tengok di sini. Bila dilakukan dengan benar dan teratur akan membuat tubuh kita menjadi segar lahir dan batin serta membangkitkan lagi semangat baru. Tidur berkualitas adalah tidur yang nyenyak meskipun hanya 2-4 jam atau beberapa menit. Ibarat mengisi batere yang sudah mulai lemah, tidur yang berkualitas tersebut akan membuat fisik, perasaan dan otak kembali lebih segar. Orang yang kurang tidur (berkualitas) akan mengalami pikiran kacau dan terganggu, pusing, sakit kepala serta hidupnya uring-uringan. Ingin bisa tidur nyenyak ada kiatnya. Mau tahu?

7. Hindari rokok.

Baik perokok aktif maupun pasif harus mau menghindari ini. Give Up Smoking, please, stop merokok lalu berhenti pula minum alkohol dan obat-obatan psikotropika atau obat terlarang lainnya. Semua itu dapat merusak kesehatan dan mempercepat proses menjadi pikun dan sakit-sakitan.

Namun sekali lagi sehat berkat reiki mohon maaf kalau ada yang tersinggung dari ajakan ini. Kalau tersinggung dengan ajakan ini jangan lanjutkan membaca tip sehat ini ya? Lebih baik Anda bersahabat dengan emosi dulu lalu baca kiatnya di sini.

8. Membina hubungan vertikal ibadah kepada Tuhan YME.

Di samping hubungan vertikal kepada Sang Khalik, hubungkan horizontal juga kepada sesama dan lingkungan secara baik, yaitu taat dan tekun melaksanakan ibadah dan doa kepada Tuhan YME agar dianugerahi umur yang penuh berkah/rahmat. Memperbanyak sahabat baik di kala suka maupun duka dengan sendirinya akan mampu membina hubungan silaturahmi yang buahnya akan membuat hidup tidak kesepian.

Kalau Anda bisa menjalankan delapan langkah sehat,  syukur mau menjadi sahabat hidup sehat dengan Reiki, Insya Allah berkah Tuhan akan selalu mengalir ke dalam diri Anda. Silakan praktekkan kebiasaan ini dan ambil manfaatnya saja ya?

Sumber: Gaya Hidup Sehat diterjemahkan dan disunting oleh sehat dengan reiki.

Iklan