Setiap makhluk hidup membutuhkan energi vital (chi) agar tetap hidup. Chi masuk mengalir ke seluruh tubuh dan keluar dengan jumlah dan kualitas tergantung dari seberapa besar si pemilik tubuh melakukan latihan mengolah energi ( chi). Bila ia melatih dengan cara benar maka energi yang didapat akan besar jumlahnya sekaligus energinya juga berkualitas. Latihan di sini adalah mengolah nafas serta melakukan meditasi dengan benar.

Makluk hidup misalnya manusia mempunyai chi tidak saja di dalam tubuhnya tetapi juga di luar tubuhnya. Chi di luar tubuh fisik membentuk lapisan pelindung yang disebut aura. Aura sendiri mempunyai lapisan yang banyak tapi dalam Reiki cukup dikenal 3 lapisan aura yaitu aura dalam, luar dan aura kesehatan.

Menurut Irmansyah Effendi dalam buku Teknik Efektif Untuk Membangkitkan Kemampuan Penyembuhan Luar Biasa Secara Seketika-Reiki, menulis lapisan-lapisan aura bertugas untuk melindungi tubuh dari energi negative yang berasal dari luar tubuh. Aura dalam berjarak sekitar beberapa cm sampai beberapa belas cm di luar tubuhnya. Aura luar berjarak beberapa puluh cm sampai beberapa meter dari tubuh fisik. Aura kesehatan sendiri terletak di antara kedua aura tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar pancaran aura tetap cemerlang, diantaranya : Makan makanan yang halal, baik dan tidak berlebihan. Olahraga yang cukup dan teratur. Memenuhi kebutuhan tubuh akan udara segar. Istirahat dengan cukup, mengurangi rokok, alkohol dan obat terlarang. Mengurangi gerak hati, gerak pikir dan kegiatan-kegiatan yang buruk. Mengurangi sikap hati yang kasar, mudah emosi dan memperbanyak rasa kasih sayang.

Lapisan aura bertugas melindungi tubuh dari energi negative yang berasal dari luar tubuh. Sebelum mencapai tubuh manusia penyakit melewati 3 lapis aura pelindung tadi. Pada orang sehat aura telihat tebal sedangkan pada orang sakit terlihat tipis dan bentuk yang tidak elips lagi sesuai dengan postur tubuh manusia. Melalui penyaluran Reiki ke seluruh bagian tubuh secara teratur berkesinambungan menjadikan aura kita menebal sehingga aura luar manusia tidak mudah ditembus energi penyakit.

Melatih self healing salah satu cara mencegah penipisan aura luar tubuh manusia. Dengan tekun latihan diharapkan imunitas tubuh meningkat dan terhindar dari serangan energi negative. Dengan mengalirkan Reiki sebenarnya kita mensuplay energi positif ke tubuh kita. Apabila sering mengalirkan Reiki ke tubuh sendiri ibarat kita membentuk perisai pelindung yang kokoh buat tubuh.

Semakin sering melakukan self healing sirkulasi energi positif yang sudah tipis cadangannya di tubuh akan disuplay lagi dengan energi positif ke dalam tubuh. Bila energi positif terbentuk dengan sendirinya chakra-chakra tubuh kita juga semakin aktif berkembang. Dengan semakin berkembangnya chakra dalam tubuh semakin baik pula kesehatan kita dapatkan. Begitu mudah melakukan latihan menguatkan aura. Nah bagaimana dengan aura Anda hari ini? apa tipis atau tebal? Saya berharap Anda selalu mempunyai aura tebal sehingga kondisi sehat selalu menyertai Anda dalam hidup ini.