Simbol ini digunakan untuk penyembuhan jarak jauh dan disebut sebagai jembatan penghubung alam semesta dan bumi. Hon Sha Ze Sho Nen bekerja di lapisan tubuh mental dan sebagai simbol penghubung seluruh sistem chakra. Hon Sha Ze Sho Nen bekerja pada masalah karma dan penyembuhannya dan memiliki lima elemen berfungsi sebagai kurir energi. Simbol ini dikenal juga dengan sebutan No Past, No Present, No Future, artinya dengan simbol ini tidak ada masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang, yang ada masa sekarang saja.

Dengan simbol ini Anda dapat mengirimkan energi jarak jauh di waktu sekarang (present), waktu yang akan datang (future) dan ke masa lalu yang sudah berlangsung (past). Simbol energi ini dapat juga diprogam agar bekerja sesuai dengan niat praktisi sesuai dengan afirmasi yang diucapkan. Maksudnya energi bekerja sampai beberapa hari sampai energi itu habis dengan sendirinya. Bisa juga energi dikirimkan bekerja untuk waktu beberapa jam ke depan dan praktisi menyalurkan energi saat ini. Atau energi dikirimkan ke masa lampau dimana pasien yang ditangani praktisi reiki mempunyai trauma berkepanjangan di masa lampu dan sampai sekarang trauma itu belum hilang dari ingatannya.

Misalnya energi dikirimkan kembali ke masa lampau ke detik-detik peristiwa lampau yang membuat trauma pasiennya. Gambaran singkatnya misal pasien A tanggal 20 Nopember 1970 mengalami trauma psikis akibat mengalami pelecehen seksual saat itu dan sampai detik ini peristiwa traumatis ini masih mencekam dalam alam bawah sadarnya sehingga peristiwa itu tak bisa hilang dalam ingatannya. Setiap kali mengingat peristiwa itu jiwanya terguncang dan mengakibatkan sulit tidur, gelisah berkepanjangan dan mudah marah dan frustasi.

Simbol ini berfungsi sebagai jembatan penghubung ruang dan waktu yang berarti tidak ada masa lampu, sekarang dan masa yang akan datang. Effektif untuk pengiriman energi reiki jarak jauh tanpa menganal batas, ruang dan waktu.

Agar trauma psikis ini hilang dari ingatannya dan pasien bisa melupakannya maka peranan simbol Hon Sha Ze Shon Nen mutlak digunakan. Juga dengan afirmasi mengiringi pembuatan simbol diharapkan simbol dapat berfungsi dengan efektif untuk bekerja dalam waktu tertentu. Untuk mengaktifkan simbol ini terlebih dulu simbol digambar di depan dada lalu sebut simbol ini 3 kali. Berikut aplikasi penggunaan simbol Hon Sha Ze Sho Nen untuk pengiriman energi jarak jauh.

Pada pengiriman energi jarak jauh simbol ini bertindak sebagai kurir energi antara pengirim dan penerima dalam jarak jauh waktu sekarang, akan datang dan masa lampu. Dengan menggunakan simbol ini pasien yang berjarak jauh dari praktisi ditarik secara visual ke hadapannya atau bisa juga kita sebagai praktisi datang ke tempat praktisi secara visual pula. Jadi pembuatan simbol ini membuat terowongan jarak dan bola energi pecah saat praktisi meniatkannya agar energi terkirim ke B di kota P. Bola energi simbol Hon Sha Ze Sho Nen pecah pula ketika praktisi meniatkan terkirim ke C di kota Q di negara R dan seterusnya.

Selanjutnya lakukan pengiriman energi jarak jauh ini seperti halnya pengiriman energi jarak dekat. Pasien saat itu juga akan merasa ada getaran-getaran halus merasuki ubun-ubunnya (gerbang chakra mahkota) menjalar keseluruh tubuhnya dan merasakan sensasi hawa sejuk, dingin bahkan panas sekali memasuki tubuhnya. Akhir dari pengiriman energi jarak jauh ini putuskan hubungan eterik praktisi dan pasien dengan simbol Raku.

Energi jarak jauh ini bisa berwujud energi penyembuhan, proteksi diri, pembersihan ruang dan pemrogaman energi agar bekerja di lokasi itu untuk waktu tertentu dan tujuan tertentu. Energi ini dapat pula dikirimkan secara massal ke beberapa objek sekaligus. Misalnya ketika Aceh kena bencana stunami atau Jogja kena gempa bumi praktisi reiki Indonesia dan belahan dunia lainnya mengirim energi penyembuhan ke lokasi ini. Setelah simbol ini dibuat lalu afirmasikan agar simbol bekerja. Dapat pula dibuat simbol tambahan misalnya Cho KU Rei dan She Hei Ki.

Bahan tulisan Hidup Sehat dengan Reiki oleh Prof.Dr.Sutan Remy Sjahdeini , SH Reiki Master dan Energi Healer.