MANFAAT OLAH RAGA JALAN KAKI.

Olahraga jalan kaki tampaknya saat ini sudah kembali membudaya di kalangan masyarakat kita yang peduli akan kesehatannya. Mulai dari kalangan bawah, menengah hingga Mantan Menteri Keuangan Marrie Muhammad pun masih rajin menyambangi Stadion Utama Bung Karno setiap sore hanya untuk berolahraga jalan kaki. Jalan kaki yang diidentikkan dengan kegiatan wong cilik yang tidak mempunyai fasilitas kendaraan sepeda, sepeda motor bahkan kendaraan roda empat dan hanya ngongkloh = jalan kaki saja, saat ini mulai naik daun kembali. Olah raga jalan kaki pamornya tak mau kalah dengan olahraga prestasi lainnya misalnya badminton, volley ball, sepakbola atau pun olahraga wong gede yaitu main golf. Semuanya bertujuan sama yaitu sama-sama ingin sehat selagi hayat masih dikandung badan.

Saya sendiri….sehat dengan kundalini reiki sudah membuktikan selama 15 tahun terakhir ini merasakan manfaat olahraga yang satu ini. Yang dulu disebut kampungan ndeso dengan jalan kaki, tetapi sekarang sudah tidak perlu lagi malu bila kaki tengah melangkah di jalan setapak kawasan pedesaan di sekitar tempat tinggal saya. Yang lebih menggembirakan sambil olahraga jalan kaki di pagi hari, tubuh kita biarkan menyerap energi hijau daun yang dipancarkan dari tetumbuhan sepanjang rute perjalanan lalu ditangkap oleh chakra utama tubuh energi lalu disalurkan ke indera penglihatan untuk kesehatan mata.

Semua proses menyerap energi hijau daun ini dilakukan hanya dengan niat saja dan dalam perjalanan melangkahkan kaki, terasa getaran dari energi tumbuh-tumbuhan ini memancarkan energi positip. Apalagi suasana pagi hari udara masih bersih dan kicauan burung-burung selalu mengiringi ayunan langkah kaki. Karena begitu pentingnya manfaat olahraga jalan kaki, tidak heran bila penyuluhan kesehatan dari dokter kepada pasiennya dan kepada khalayak umum selalu menganjurkan agar mau berolahraga murah meriah tetapi berhasil guna dalam hal menyehatkan fisiknya, yaitu olahraga jalan kaki. Boleh percaya boleh tidak tetapi itulah kenyataan yang tengah saya hadapi saat ini perihal menjaga kesehatan tubuh lewat olahraga jalan kaki.

Mulai sekarang mari ikuti gaya hidup sehat dengan olahraga jalan kaki. Tidak perlu modal banyak. Modalnya hanya tekad kuat untuk hidup sehat.

Bukan itu saja manfaat dari olahraga jalan kaki. Masih banyak manfaat untuk sehat yang bisa dipetik dari olahraga tanpa biaya ini yaitu tubuh senantiasa bugar, sehat dan alhamdullilah tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan trigliserida tetap dalam kondisi normal termasuk berat badan seimbang untuk ukuran orang yang sudah masuk manula. Tubuh yang mengucurkan keringat karena bergeraknya seluruh persendian anggota badan mencakup kedua kaki dan tangan, sangat membantu membakar lemak dalam tubuh agar tidak mengendap berlebihan dalam aliran darah.

Menurut Kompas Kom ( 14/1/2010 )…jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dari membantu kesehatan jantung, membantu sirkulasi darah, sekaligus membakar kalori. Semakin giat Anda berjalan kaki, semakin banyak keuntungan untuk kesehatan yang bisa Anda raih. Berikut adalah 7 cara untuk membantu memastikan agar olahraga berjalan kaki Anda lebih bermanfaat.

1. Menambah kecepatan.
Secara rata-rata, ketika berjalan kaki, orang yang sehat bisa mencapai 1,5 km dalam waktu 20 menit. Mulailah dengan mencapai 1,5 km dalam 15 menit, atau berjalan kaki dengan kecepatan 5,5 km/jam.

Ketika Anda sudah mulai terbiasa, tambahkan kecepatan langkah Anda setiap dua minggu. Jangan ragu untuk terus memacu tubuh Anda. Tubuh kita banyak menyimpan energi, hanya saja kita lebih sering memanjakannya. Kita perlu mengusir rasa takut atau rasa lelah untuk mengetahui kekuatan kita. Ketika Anda berjalan cepat, Anda pun membakar kalori.

2. Menanjak.
Ketika Anda berjalan pada tanah yang konturnya menanjak, Anda akan melatih punggung, paha, dan otot pada bagian bokong jauh lebih banyak ketimbang berjalan di jalan yang datar. Mencoba berlatih berjalan kaki di sekitaran rumah yang konturnya tidak mendatar akan melatih berbagai otot pada bagian tubuh yang berbeda, karena tubuh harus beradaptasi dengan lokasi tersebut. Jika Anda tak tahu secara pasti sudah berapa jauh Anda melangkah, cobalah membawa jam tangan, berjalanlah setidaknya 30 menit tanpa henti (15 menit berangkat, 15 menit menuju rumah).

3. Gunakan sepatu yang bagus.
Banyak orang menggunakan sepatu nyaman untuk berjalan kaki. Padahal, Anda sebenarnya butuh sepatu khusus untuk berjalan kaki atau sepatu cross trainer untuk memberikan sokongan dan bantalan yang pas untuk kaki. Jika ukuran sepatu Anda tidak pas, bisa-bisa menyakiti, bahkan melukai kaki Anda.

4. Tambahkan sedikit beban.
Tambahan sedikit beban saja sudah bisa membantu membangun otot bagian atas tubuh Anda. Tapi jangan menambahkan beban lebih dari 1,5 kg per tangan. Jika Anda sudah terbiasa berlatih secara rutin, disarankan untuk memulai memegang beban sekitar 1 kg. Jangan sampai beban yang Anda pegang terlalu berat hingga mengubah cara atau gaya Anda berjalan menjadi tidak nyaman.

5. Perpanjang langkah.
Anda tak perlu berjalan kaki seperti sedang ada di dalam perlombaan jalan cepat, namun dengan memperpanjang langkah kaki dan memfokuskan pada otot paha depan dan belakang saat berjalan akan menambah tenaga saat berlatih. Langkah Anda akan terasa cepat, hingga mirip joging, namun sebenarnya dengan berjalan yang langkahnya lebar, Anda akan membakar kalori lebih banyak.

6. Variasikan kecepatan.
Ini berarti menggabungkan lari kecil dengan berjalan. Ketika tubuh Anda menambah kecepatan, ia harus berusaha mengimbangi dengan menyeimbangkan kalori yang digunakan di jantung dan paru-paru. Setiap kali Anda memaksa diri untuk menambah kecepatan, Anda menambah tingkat pembakaran kalori.

7. Jalan di tempat.
Di luar hujan, atau tidak memungkinkan untuk Anda berjalan kaki? Tak perlu ragu, Anda masih bisa berjalan kaki di tempat, kok. Jika Anda memiliki pedometer, cobalah untuk menghitung perkiraan jarak yang Anda tempuh saat berjalan kaki di tempat. Jadi apalagi yang perlu Anda tunggu…ayo beraktifitas tubuh dengan olahraga jalan kaki. Jangan takut capai….toh kalau capai dan Mbah Surip masih ada tentu Anda semua akan digendongnya.

Sumber : Exercise tv/Kompas Female.