Attunement atau penyelarasan adalah proses tubuh seseorang calon praktisi reiki dengan sumber reiki. Hanya lewat attunement seseorang dapat selaras dengan sumber reiki. Penyelarasan tubuh calon praktisi reiki dengan sumber reiki di alam semesta, sangat diperlukan karena syarat untuk dapat mengakses reiki, seseorang  harus diselaraskan tubuh nya dengan sumber reiki.

Jika sudah selaras, maka yang bersangkutan sudah bisa mempraktekkan reiki dan menyalurkan reiki kepada orang lain pula. Untuk itulah praktek reiki harus dilakukan dengan berkesinambungan tanpa rasa bosan. Karena dengan sering menyalurkan reiki, maka diharapkan tubuh praktisi reiki semakin sehat, bugar dan mampu pula menularkan reiki kepada orang lain bila tiba saatnya dia diangkat menjadi Reiki Master.

Lalu untuk melakukan attunement yang harus dikerjakan oleh Reiki Master, apakah ada cara lain bagi seseorang untuk melakukan attunement sendiri tanpa campur tangan reiki master. Jawabannya bisa, asalkan yang bersangkutan belajar dan mempraktekkan self initiation dengan bimbingan Senior Prana Shakti Dyana. Singkat kata orang tersebut mampu melakukan teknik self attunement atas jenis energi tertentu, misalnya energi reiki, energi penyembuhan khusus penyakit atau energi dari tanaman herbal dan masih banyak lagi jenis energi yang bisa dia attunement secara pribadi dan mandiri.

Self Initiation sebagaimana dibabarkan dalam buku pelatihan Prana Shakti Dharana, bertujuan agar yang bersangkutan mampu melakukan channeling energi lalu menanamkan ke dalam alam bawah sadarnya. Teknik ini sangat mudah dilakukan praktisinya, dengan posisi Meditasi Mudra, yaitu duduk bersila di lantai, mata terpejam, kedua tangan dirapatkan satu sama lain saling mengatup erat tiga jarinya. Jari telunjuk mencorong ke depan sedangkan ibu jari keduanya dipertemukan, mirip moncong pistol yang mengarah ke depan sasaran.

Tiga jari lainnya yaitu jari tengah, kelingking dan jari manis saling mengatup satu sama lain dan letakkan punggung telapak tangan menyentuh chakra solar pleksus. Pusatkan perhatian pada chakra mahkota tempat energi yang ingin dichanneling nanti masuk. Awali dengan Doa dan Niat ingin melakukan channeling energi.

Dalam kondisi santai, mata terpejam, ujung lidah ditekuk ke atas menyentuh langit-langit mulut, mulailah melakukan channeling atas jenis energi yang dikehendaki. Saat melakukan channeling energi, rasakan vibrasi energi yang masuk chakra mahkota dan tanamkan di alam bawah sadar Anda sensasi energinya. Lakukan self attunement ini kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Jika dirasa sudah mencukupi, akhiri proses channeling dan ucapkan Doa penutup sesuai dengan iman dan kepercayaan yang Anda anut. Untuk channeling atas energi lain, harus melakukan self initation seperti itu lagi. Namun jika ingin menyalurkan energi yang telah dia lakukan self initation, tinggal menyalurkannya saja, layaknya kita menyalurkan energi reiki.

About these ads