Untuk menentukan  mana terowongan terpanjang di dunia, perlu ditetapkan terlebih dulu terowongan seperti apa yang dimaksud. Sebenarnya enam dari sepuluh terowongan terpanjang di dunia, salah satunya di Gunung Catskill  mengangkut air. Ini sekaligus sebuah testamen bahwa begitu pentingnya terowongan dalam menyuplai  air untuk kebutuhan minum  dan sektor perdagangan .

Kualifikasi lain dari sebuah terowongan adalah tergantung pada status terowongan tersebut . Apakah terowongan itu saat ini masih berfungsi, sedang dibangun atau masih dalam tahap perencanaan. Terkait hal itu para ahli terowongan mempertimbangkan terowongan yang masih berfungsi saja.

Terowongan yang terpanjang di dunia adalah Terowongan Air Delaware ( akuaduk ) yang mengalirkan air dari Gunung Catskill  ke kota New York. Terowongan ini dibangun tahun 1939 itu menyuplai sekitar 4,9 miliar air per hari. Pembangunan terowongan selesai tahun 1945.

Delaware Aqueduct adalah saluran air terbaru di Kota New York. Menghubungkan air dari Waduk Rondout melalui Stasiun Pompa Chelsea, lalu Waduk West Branch, Waduk Kensico, dan berakhir di Waduk Hillview di Yonkers, New York. Saluran air ini dibangun antara 1939 dan selesai 1945.

Selanjutnya Terowongan Seikan di Jepang dibuka tahun 1945. Ini merupakan terowongan rel kereta api terpanjang di Jepang. Dengan panjang terowongan mencapai 53,8 kilometer, termasuk bagian di bawah Selat Tsugaru. Terowongan rel kereta api ini menghubungkan Pulau Honshu dengan Pulau Hokaiddo.

Terowongan ini sedikit lebih panjang daripada terowongan baru Chunnel yang menghubungkan Inggris dengan Perancis. Seikan juga merupakan terowongan rel kereta api terdalam di dunia karena dibangun 240 meter  di bawah permukaan laut. Sementara terowongan kereta api terpanjang yang berada di daratan terdapat di Swiss, dinamakan terowongan Lotschberg yang panjangnya mencapai 34,6 km.

Terowongan Seikan adalah terowongan untuk jalur rel kereta api sepanjang 53,85 km di Jepang, dimana sekitar 23,3 kilometer dari terrowongan tersebut berada di dasar laut. Terowongan ini berada di bawah Selat Tsugaru yang menghubungkan profinsi Aomori di pulau Honshu jepang dan pulau Hokkaido dan merupakan bagian dari Kaikyo Line of Hokkaido Railway Company.

Ada pula terowongan kereta bawah tanah terpanjang di daratan ada di Seol, Korea Selatan. Ini merupakan terowongan kereta bawah tanah jalur 5. Di dalam terowongan kereta bawah tanah ini terdapat 51 stasiun sepanjang jalur  yang panjangnya 34,6 kilometer.

Lalu ada terowongan terpanjang kedua yaitu Metro Moskwa yang panjangnya 6,4 kilometer. Jika Anda ingin mengendarai terowongan jalan terpanjang di dunia, Anda harus mengunjungi Norwegia. Terowongan ini dinamai Laerdal dengan panjang 24,5 kilometer, menghubungkan Laerdal dengan Aurland.

Sumber : GeoWeek.

 

About these ads