Minggu pagi ( 19/2 ) ini saya mengharapkan udara cerah dengan sinar matahari pagi menerpa bumi. Akan tetapi alam berkata lain. Sejak jam 03.00 wib dinihari, Jakarta dan wilayah Tangerang diguyur hujan lebat. Karena itulah untuk mengganti olah raga luar ruang, saya….sehat bersama inti reiki kembali melakukan meditasi gerak pribadi sebagaimana pernah saya peroleh 8 tahun lalu saat mengikuti lokakarya inti reiki.

Tentu Anda pecinta reiki pernah mendengar kata meditasi yang umumnya dilakukan dengan posisi duduk di lantai atau di kursi. Akan tetapi pada meditasi gerak pribadi ini, yang kita latih adalah dengan mengekplorasi gerak pribadi diri kita masing-masing yang memang sudah ada dari sono nya. Jadi anggap saja meditasi gerak pribadi ini sebagai pengganti olahraga luar ruang yang memanfaatkan tanah lapang sebagai tempatnya.

Apa dan apa meditasi gerak pribadi, ikuti yang satu ini setelah Anda minum air putih sebagai persiapan melakukan olahraga meditasi gerak pribadi.

Ketika mendaftar lokakarya Inti Reiki di Gedung Senior di Palmerah Barat Jakarta Pusat 2004, hidup sehat dengan reiki disodori formulir oleh panitia agar diisi data pribadi berikut nama lengkap, alamat rumah, pernah ikut reiki aliran apa dan sederet pertanyaan lain layaknya kita akan melamar pekerjaan. Begitu satu persatu pertanyaan terjawab, ada satu pertanyaan yang cukup membuat saya terkejut. Pertanyaan apa itu?

Pertanyaan yang diajukan dalam formulir itu adalah, ” Apakah Anda pernah ikut olah raga bela diri?” Tentu saja saya jawab sejujurnya bahwa saya pernah dan mempraktekkan olah raga Pencak Silat Tangan Kosong Merpati Putih dari tahun 1993 hingga tahun 1997. Namun pertanyaan satu ini cukup mengganjal pikiran saya kenapa mau belajar Reiki kok ada pertanyaan olahraga bela diri. Apa hubungannya?

Praktisi PPS Merpati Putih saat ujian kenaikan tingkat, mematahkan balok es dengan sikut tangan kanannya.

Sebelumnya ketika saya ikut lokakarya reiki dari tradisi lain tak ada pertanyaan macam itu. Setahu saya Reiki adalah teknik penyembuhan kuno berasal dari Tibet 8 abad sebelum Masehi dan muncul kembali di Jepang pada abad 19 Masehi. Reiki adalah teknik mengakses energi alam semesta untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yang mengutamakan kepasrahan total kepada Tuhan YME  dengan sikap rilek dan meditatip, kok sekarang disodorin pertanyaan, ” Apakah pernah ikut organisasi beladiri” ?.

Nah ketika sudah duduk di ruang kelas yang sejuk ber-ac di Gedung Bola itulah saya mendapatkan jawaban. Tradisi Inti Reiki yang saya ikuti ini memang tak ada bedanya dengan tradisi Reiki aliran lain semisal G’Tummo, Tummo, Usui Tibetan, Karuna dan Kundalini Reiki yang sama-sama melatih penggunaan energi alam semesta untuk kesehatan pribadi dan orang lain. Akan tetapi yang membedakan adalah Inti Reiki tidak menggunakan simbol Reiki namun menggunakan kekuatan affirmasi, visualisasi, rileksasi dan melatih meditasi gerak pribadi yang tidak pernah diajarkan oleh reiki tradisi lain.

Meditasi Gerak Pribadi dalam Inti Reiki inilah yang mendasari penggunaan energi yang kita akses untuk menggerakkan anggota tubuh kita layaknya melakukan gerakan senam. Namun sejatinya dengan melatih meditasi gerak pribadi inilah kita bisa memanfaatkan energi untuk penyembuhan kasus penyakit tertentu dalam tubuh. Gerak energi dalam tubuh akan efektif bekerja bila energi yang kita pinta (akses) membuat gerakan sehingga seluruh anggota badan tutur bergerak.

Misalnya menirukan gerakan silat, gerakan penyanyi dangdut bergoyang, senam poco-poco, whusu, break dance dan gerakan lain yang akan muncul secara spontan manakala kita meniatkan energi gerak pribadi bekerja.
Satu persatu peserta lokakarya diminta mempraktekkan meditasi gerak pribadi. Seorang peserta putri yang berdarah etnis China dan pernah berlatih Wushu namun lama tidak dipraktekkan, akhirnya kembali melatih gerakan Wushu.

Dengan mengeksplorasi energi gerak pribadi, maka gerakan tubuh yang muncul akan meniru dengan apa yang diaffirmasikan. Misalnya gerakan senam silat Tai Chi.

Begitu berdiri di arena dan mengafirmasi energi gerak pribadi wushu, bergeraklah anggota tubuh peserta ini menirukan gerakan wushu. Yang mengherankan kendatipun tidak semua peserta lokakarya ini pernah berlatih silat atau menjadi penyanyi dangdut, namun ketika seorang peserta lokakarya diminta Master Inti Reiki untuk mempraktekkan meditasi gerak pribadi Jurus silat Jet Lie, keluarlah jurus silat gaya Jet Lie sebagaimana pernah kita saksikan di layar lebar.

Peserta ini sadar melakukan gerakan silat Jet Lie tapi dia sendiri heran kok bisa padahal tidak pernah belajar silat di negeri China. Nah di sinilah rahasianya. Hanya Inti Reiki lah yang mengeksplorasi energi dalam bentuk gerak. Menurut Dr. Riko Rahardian Master Inti Reiki dalam buku Rahasia Inti Reiki menyebut, Meditasi Gerak Pribadi adalah meditasi gerak, di mana gerak ini dapat dikembangkan menjadi beberapa varian dengan berbagai tujuan.

Varian kesatu teknik MGP menurut umur. Bertujuan untuk awet muda dan memahami keberadaan roh pribadi. Teknik ini dilakukan dengan menambah afirmasi teknik Gerak Pribadi dasar berdasarkan umur. Tahapan melakukan sebagai berikut :

1. Berdiri tegak, kedua tangan di samping.
2. Tutup kedua mata anda.
3. Rileksasikan-Senyum dan Pasrah total lalu kedua lengan tangan diangkat setinggi dada telapak tangan keduanya bertemu. Tetap rilekkan kedua tangan Anda dan afirmasikan, “Ya, Tuhan, mohon berikan saya tenaga dan energi Gerak Pribadi saya ketika umur 20 tahun sekarang ini”. (saat itu peserta rata-rata berumur 30 s/d 65 tahun).

Dalam kepasrahan total rasakan keinginan yang muncul merupakan awal dari gerakan tubuh. Ikuti keinginan yang muncul dan turuti baik gerakan tangan, kaki atau badan Anda. Misalkan kita minta dimunculkan gerakan di kala umur 20 tahun padahal saat ini kita berumur 40 tahun, maka gerakan yang muncul spontan akan bergerak cepat, gesit dan full power. Demikian pula ketika peserta yang berumur 25 tahun diminta memunculkan energi gerak umur 70 tahun maka gerakan yang muncul terpatah-patah, lamban dan seakan tidak bertenaga, yang merupakan ciri gerakan seorang manula.

Jika Meditasi Gerak Pribadi ( MGP ) Anda berjalan, maka akan merasakan gerakan tubuh walau berbeda dalam afirmasi menyangkut umur, toh gerak pribadi Anda tetap sama. Bedanya hanyalah pada energi yang muncul dan rasakan. Makin muda usia yang diminta, energi Gerak Pribadi akan semakin kuat. Lalu coba menjawab pertanyaan,” Kapan Anda mempelajari Gerak Pribadi jika saat itu usia Anda 1 tahun? ” Berarti Anda sudah mempunyai Gerak Pribadi, bukan ?.

Varian kedua masih menurut Dr. Riko dalam buku Inti Reiki, teknik Meditasi Gerak Pribadi khusus untuk penyembuhan penyakit. Teknik ini dibagi menjadi 2 tujuan:
1. Untuk mendapatkan penyembuhan diri Anda sendiri.
2. Untuk melakukan penyembuhan pada orang lain.

Ketika melakukan meditasi gerak pribadi untuk penyembuhan diri pribadi, afirmasi yang diucapkan, “Ya Tuhan, mohon diberikan energi dan gerak Inti Reiki ( IR ) untuk penyembuhan penyakit pribadi saya, sekarang.” Ini berlaku untuk penyakit umum, tetapi bila yang dikehendaki penyakit darah tinggi, maka afirmasinya energi dan gerak Inti Reiki untuk menormalkan tekanan darah saya.

Bila menyembuhkan penyakit orang lain maka energi yang diminta dan diakses untuk gerak penyembuhan penyakitnya misalnya, keseleo, salah urat atau syaraf terjepit, maka gerakan tangan praktisi akan memijat ke tubuh pasien layaknya terapis akupresur. Demikian pula bila energi yang diminta totokan maka gerak penyembuhan adalah menotok jalan darah yang tersumbat di tubuh pasien.

Jadi dalam Inti Reiki ketika menyalurkan energi Inti Reiki ke diri sendiri atau orang lain maka gerakan tangan praktisi akan aktip bergerak menirukan energi gerak pribadi praktisinya. Ketentuan ini berlaku bila Anda ingin menggabungkan energi gerak pribadi Anda dalam penyembuhan. Tapi bila Anda tidak memberi afirmasi gerak pribadi, maka tangan tidak akan begerak dan tetap mengeluarkan energi seperti reiki tradisi non inti reiki saat menyalurkan energi reiki.

Kini senja mulai beranjak. Satu persatu praktisi Inti Reiki sudah mempraktekkan meditasi Gerak Pribadi. Ada yang mempraktekkan Meditasi Gerak Pribadi milik Penyanyi Inul dengan Goyang Ngebornya. Peserta wanita ini lalu memperagakan gerakan goyang ngebor Inul secara otomatis, sekalipun ia belum pernah praktek goyang ngebor Si Inul.

Sesi Berlatih Meditasi Gerak Pribadi dimulai. Saya Sehat dengan Reiki disuruh maju untuk mempraktekkan gerak meditasi pribadi. Karena sebelumnya saya pernah mempraktekkan jurus silat Merpati Putih, maka demi gampangnya saja saya mengafirmasikan gerak pribadi energi silat Merpati Putih. Sekalipun sudah lama tidak mempraktekkan jurus silat Merpati Putih ini, energi gerak pribadi saya ya tetap jurus silat Merpati Putih.

Kadang cepat kadang lambat sesuai dengan energi yang mengalir di tubuh saya. Sayang di arena praktek Meditasi Gerak Pribadi ini tidak disediakan es balok atau gagang pompa dragon untuk dipatahkan. Kalau ada ya saya praktikkan kembali memukul dan mematahkan benda keras itu. Iseng-iseng untuk membuktikan bahwa saya masih mempunyai power. Dan power itu bisa saya keluarkan lagi sewaktu-waktu bila terpaksa dan terdesak.

Sumber : Buku Rahasia Inti Reiki Dr. Riko Rahardian/Praktek Meditasi Gerak Pribadi/Buku Reiki.

About these ads