Pernahkah Anda memperbarui SIM, KTP atau Kartu Askes jika masa kadaluwarsanya segera berakhir? Jika mengetahui masa berlaku dokumen segera habis seperti KTP misalnya, tentu kita akan buru-buru memperbaruinya ke kantor kecamatan dimana kita bertempat tinggal. Lantas apa saja yang harus diperbaharui alias diperpanjang ? Yang jelas pembaruan itu mencakup masa berlaku, status pemilik KTP apakah masih lajang atau sudah menikah.

Seterusnya tempat dan tanggal lahir tentu tidak berubah. Lalu agama dan pekerjaan. Yang semula masih sekolah atau kuliah sekarang sudah bekerja. Status lainnya mencakup jenis kelamin, tentu tidak berubah seumur hidup. Tapi ada juga lho yang dengan sengaja merubah status gendernya dengan cara operasi kelamin. Ada beberapa orang sebagai contoh dan tidak perlu disebut di sini. :P

Perpanjangan KTP pribadi adalah wajar dalam dokumen kependudukan. Namun jika ada perpanjangan status menikah antara pasutri itu baru berita namanya. Begitu hebohnya berita ini sehingga AFP melaporkannya sebagai top news pekan ini. Inti beritanya adalah sepasang suami istri yang sudah 12 menikah, baru kali ini memperbarui janji perkawinannya.

Apalagi pengantin pria saat ini berusia 100 tahun dan pengantin wanitanya berusia 73 tahun. Pasangan pengantin itu adalah Paul dan Kay Rich penduduk Buffalo negara bagian New York. Saat menikah , Paul berusia 87 tahun dan Kay berusia 60 tahun. Pasangan itu bertemu pada tahun 1998 setelah keduanya menjadi duda dan janda.

Pembaharuan nikah antara Paul dan Kay Rich warga Buffalo New York. Kay and Paul Rich renew their wedding vows Saturday at the Country Club of Buffalo. Derek Gee / Buffalo News .

Untuk memperingati hari ulang tahunnya ini, Paul memperbarui janji nikahnya dengan cara sederhana pestanya. Acara dilangsungkan 22 Oktober 2011, dua hari setelah pengantin pria berulang tahun ke – 100. Sekitar 75 orang hadir dalam acara untuk pesta Paul dan Kay Rich di Buffalo New York. Karena Paul tidak ingin acara ulang tahun ke – 100 ini berlebihan, maka momen pembaruan janji nikah saja yang dipandang cocok untuk menandai pesta ulang tahunnya ini.

Ray mengatakan pada Paul,  ” Why did you marry me?” Kay Rich asked her husband, just before Saturday’s ceremony. ” Because you were so beautiful,” he replied. Itulah jawaban Paul ketika ditanya Ray kenapa sudah sepuh masih juga tertarik pada dirinya. Ya… karena dimata Paul, Ray masih terlihat cantik di usia manula. Apalagi di saat masih remaja dulu…boleh jadi Ray adalah kembang desa Bufallo. :)

Semoga panjang umur, itulah barangkali ucapan para tamu yang hadir untuk Paul dan Kay. Bagi Paul usia 100 tahun adalah anugerah dari Tuhan yang patut disyukuri karena sampai saat ini dia masih tampak sehat di usia lanjut. Demikian pula Kay yang mendampingi Paul hanya mesem-mesem saja menerima ucapan selamat dari para tamu yang hadir di pesta ultah Paul. :D

Paul pernah memperkuat tim olahraga di Universitas Bufallo. Dia bermain untuk universitas tersebut antara tahun 1930 dan 1932. Ia dinobatkan sebagai pemain tertua yang masih hidup sampai saat ini.

About these ads