Prolog :  Masih banyak saudara kita yang belum tahu apa itu reiki dan apa pula manfaatnya bagi kesehatan. Karena begitu penting untuk diketahui oleh pembaca, maka tidak ada salahnya sehat dengan kundalini reiki terbit ulangkan kembali postingan lama reiki ini agar segera diketahui, daripada mencari ke arsip reiki blog ini. Arsip reiki sudah ratusan jumlahnya dan ada beberapa postingan yang di blog lama pernah terbit, di blog ini sedapat mungkin akan diterbit ulangkan kembali dengan sedikit revisi ( editing ) menyangkut judul postingan dengan tidak mengurangi maknanya.

Apakah meditasi hanya dimonopoli oleh seorang praktisi reiki? Itulah pertanyaan dari seorang sahabat kepada sehat dengan reiki beberapa waktu lalu. Saya jawab,” Tidak ! ” Meditasi adalah salah satu cara seseorang agar lebih mengenal diri sendiri termasuk sisi baik dan buruk. Keseimbangan ini melahirkan perasaan tenang, damai, sabar dan bahagia. Karenanya setiap orang dapat melakukan meditasi tanpa ia belajar reiki lebih dulu,” jawab saya simpel saja.

Secara medis meditasi juga dapat menyehatkan dan menyembuhkan luka batin, trauma berkepanjangan masa lalu yang suram dan ingin dihilangkan dari kalutnya pikiran.Dengan berlatih meditasi rutin setiap harinya seseorang yang berbakat olah jiwa akan mendapatkan lezatnya buah meditasi dalam waktu singkat.

Sekalipun saluran energi seseorang yang belum belajar reiki sudah terbentuk secara de fault sejak bayi ada dalam kandungan ibunya, namun belum cukup untuk mengalirkan energi secara seketika manakala diniatkan untuk mengalir. Hal ini dikarenakan chakra-chakra dalam tubuhnya belum sepenuhnya aktif dan masih banyak sumbatan di jalur energi utamanya jalur shusumna. Agar saluran energi dalam tubuhnya menjadi lancar maka dia dapat belajar mengaktipkan chakra utama tubuhnya lewat olah pernapasan. Teknik mengolah pernapasan sambil melakukan gerakan-gerakan tubuh orang awan menyebutnya sebagai melatih gerakan Yoga.

Selain berlatih teknik pernapasan dengan gerakan tubuh seperti Yoga ada juga cara untuk melatih melancarkan saluran energi dengan cara duduk bermeditasi dalam suasana hening. Dengan berlatih meditasi rutin diharapkan chakra-chakra dalam tubuhnya akan aktif dengan sendirinya sekalipun lambat sekali waktunya. Asal yang bersangkutan tekun dan tidak putus asa dalam hidup bermeditasi maka hasilnya juga sama dengan orang yang telah belajar reiki. Saya sarankan cobalah Anda belajar rileksasi lebih dulu sebelum melangkah ke meditasi ringan dan secara bertahap melangkah ke meditasi yang berat semisal meditasi Reiki, meditasi Kundalini dan meditasi G Tummo atau Tummo.

Selain melatih meditasi, cara singkat dan hasilnya seketika dapat dirasakan adalah mendapatkan penyelarasan ( attunement ) reiki apa pun tradisinya. Memang seseorang yang telah memperoleh attunement Reiki akan merasakan kemudahan saat melakukan meditasi. Hal ini karena saluran-saluran energi dalam tubuhnya telah menjadi bersih dan lebih dari itu getaran energinya pun semakin tinggi vibrasinya. Dengan tingginya vibrasi energi dalam tubuhnya maka saat meditasi ia akan dapat mengangkat dan memperluas kesadaran dengan cepat dan mudah hanya dengan sekali niat saja.

” Begitu mudahkah meditasi itu? ” tanya sahabat satunya lagi kepada sehat dengan reiki ketika sama-sama menghadiri acara bakti sosial penyembuhan reiki di Gedung Kridha Bakti Sekneg beberapa tahun lalu. “Betul…sangat mudah,” jawab saya. Seseorang dapat dikatakan dalam keadaan meditasi apabila gelombang pikirannya berada dalam tingkat theta ( frekuensi gelombang otaknya berada antara 4-8Hz ). Frekuensi ini dapat diukur dengan alat ukur yang disebut neurofeedback.

Bila seorang sudah belajar reiki akan diarahkan belajar sebuah atau beberapa teknik meditasi yang bertujuan menyeimbangkan energi dan unsur negatif (yin) dengan unsur positif (yang) di seluruh tubuh. Meditasi ini dapat dilakukan sambil duduk di kursi atau duduk bersila di lantai. Bagi Anda yang bukan praktisi reiki pun  bisa melatih meditasi asalkan ada niat untuk mengaktifkan chakra-chakra dalam tubuh dalam ucapan affirmasi. Inilah salah satu cara latihannya.

Kita ambil posisi duduk bersila di lantai atau di taman yang teduh, hening atau dalam ruang pribadi Anda dengan posisi seperti contoh gambar meditasi di taman pinggir pantai ini. Silakan kedua telapak tangan Anda diletakkan di atas kedua paha dekat lutut. Telapak tangan kiri diletakkan di atas lutut kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan. Kondisikan tubuh Anda dalam kondisi rileks, nyaman dan hilangkan keraguan dalam hati agar pikiran yang dipenuhi hal-hal yang meruwetkan persoalan hidup sejenak ditanggalkan dan alihkan kepada hal-hal menyenangkan dalam khayalan ( visual pikiran anda ).

Jika tidak biasa duduk bersila di lantai karena postur tubuh tidak memungkinkan, silahkan melatih meditasi dengan cara Anda duduk di kursi. Sebaiknya punggung lurus dan jangan menyender. Tungkai kaki direnggangkan dan telapak kedua kaki menapak bumi. Lutut kaki kanan dan kiri dilemaskan membentuk sudut 90 derajat jika dilihat dari samping. Letakkan kedua telapak tangan bertumpu pada paha kanan dan kiri atau seperti gambar di samping ini. Tetap santai dan ucapkan affirmasi pelan – pelan dalam hati atau lewat mulut agar ditangkap alam bawah sadar Anda,” Ya…Tuhan aktifkan theta stage otak kanan dan kiri saya sekarang juga.”

Mata mulai terpejam dan tarik nafas melalui hidung dalam hitungan 1-2-3…s/d 8 hitungan lalu tahan nafas di dada dalam hitungan 1-2-3…s/d 8 hitungan. Segera buang nafas dalam delapan hitungan secara pelan-pelan melalui mulut mendesis. Ulangi siklus tarik-tahan-buang nafas ini 5 kali ulangan. Inilah pola nafas segitiga yang biasa dipakai oleh praktisi tenaga dalam setiap kali latihan sebagaimana pernah sehat dengan kundalini reiki latih pertama kali saat bergabung di PPS Merpati Putih.

Bila sudah delapan kali tarik-tahan-buang nafas niatkan seluruh tubuh mulai dari ubun-ubun kepala hingga ujung jari-jari telapak kaki menjadi rilek serilek mungkin dan pasrahkan segala sesuatunya kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Bernafaslah alami selanjutnya dengan tarik dan buang nafas melalui hidung. Tetap santai…dan tidak ada kekuatan negatif yang mampu menyentuh Anda bahkah bila Anda berbakat dalam waktu singkat akan mencapai ketenangan bhatin. Tahan posisi meditasi ini selama 20-30 menit.

Latihan meditasi ini dapat diharapkan membawa manfaat bagi tubuh, kesehatan dan spiritualitas Anda meningkat. Saat meditasi, rangkaian kalimat teduh dalam zikir ( bagi Muslim ) yang diucapkan berulang-ulang, atau doa lain sesuai Iman dan Kepercayaan dan diiringi musik yang tenang (musik klasik), serta suasana hening dapat menekan produksi hormon adrenalin biang pemicu kecemasan menjadi hormon epinefrin yang meredakan stress menjadi meningkat.

Dengan semakin meningkatnya hormon epinefrin aliran darah juga menjadi lancar, tekanan darah turun, beban jantung berkurang. Kondisi seperti ini otomatis membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh maka kesehatan organ-organ tubuh pun meningkat. Itulah kiat sehat dengan reiki yang bisa saya paparkan dalam postingan episode ini. Selamat berlatih meditasi semoga Anda menjadi semakin sehat.

About these ads