“Untuk hari ini saja apakah Anda sudah menggunakan air dengan baik?”, begitulah kiranya pertanyaan yang diajukan kepada sehat dengan reiki dan teman-teman saat berkunjung ke Songbanyu Gunung Kidul beberapa waktu lalu? Pertanyaan spontan dari petani kepada tamu nya orang Jakarta ini mengingatkan kita semua akan arti pentingnya air dalam hidup ini. Sebab air merupakan sarana kehidupan sehari-hari sampai urusan terapi kesehatan pun juga memakai air.

Peranan air begitu penting dalam hidup ini. Saat lahir lalu tumbuh berkembang dari bayi hingga dewasa bahkan tatkala ajal telah tiba jasad ini akan selalu bersentuhan dengan air. Dengan air pula kita membersihkan diri, minum dan bergaul. Contohnya ya itu tadi…bapak petani di daerah Gunung Kidul memperlakukan air sebagai teman bekerja. Beliau mengolah tanah sawah, mencangkul lalu menanam bibit padi di hamparan tanah sawah yang telah diairi. Dengan sabar pula beliau merawat tanaman padi agar dalam masa tumbuhnya selalu kecukupan air. Artinya air bisa menjadi penyeimbang kehidupan.

Lantas hubungan air dengan tubuh manusia? Tubuh manusia sendiri terdiri 70 persen air. Dalam urusan terapi kebugaran tubuh, Charles Darwin ilmuwan yang mengeluarkan teori evolusi pada tahun 1857 pernah bertanya mengapa mandi air dingin bisa menyembuhkan dirinya dari gangguan rasa sakit, nyeri dan rasa mual yang dideritanya. Ia penasaran tidak mendapatkan jawaban akan manfaat air yang menyembuhkan penyakitnya. Barulah sebuah lembaga riset trombosis di London menemukan jawabannya.

Menurut riset penelitian ini, jika orang selalu mandi dengan air dingin, peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh menjadi segar dan bugar, apalagi mandi di pagi hari sebelum beraktivitas setelah kita melakukan olahraga harian. Peneliti juga menemukan mandi air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam badan dan dengan sendirinya meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

Khabar baiknya mandi air dingin pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron kaum pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan rutin mandi air dingin kesuburan dan kegairahan asmara mereka bisa meningkat. Lebih hot dari biasanya, apalagi bila mandi dilakukan sebelum beduk subuh bergema membangunkan kita dari tidur malam yang lelap. Dengan mandi air dingin di pagi hari jaringan tubuh membaik, kuku lebih sehat dan kuat, rambut pun tumbuh lebat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia. Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Terapi pengobatan dengan air dingin juga membantu menyembuhkan penyakit asma. Tapi harus diingat kadar air mandi haruslah sekitar 15 derajat celcius. Tubuh manusia stabil pada suhu 37 derajat celcius juga karena air. Cairan dalam tubuh kita juga berperan sebagai pengatur panas dengan cara penguapan dan evaporasi. Perhitungannya setiap penguapan 1 gram air dapat menurunkan panas tubuh sebanyak 6 kalori. Tapi ingat bila penguapan kebablasan akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Ini yang tidak boleh terjadi.
Adanya dehidrasi dalam tubuh yang kebablasan mengakibatkan kontrol suhu tubuh kehilangan kontrol. Akibatnya siap-siap saja kita kena serangan sengatan panas ( heat stroke ) yang mengakibatkan kram, pingsan atau denyut jantung lebih cepat. Kehilangan 1 – 2 % cairan tubuh saja dampaknya bisa menurunkan konsentrasi. Oleh karena itu sikap waspada akan kekurangan air dalam tubuh perlu menjadi perhatian kita semua. Bila dibiarkan berlarut-larut ujung-ujungnya bisa gawat.

Seiring meningkatnya aktivitas fisik seperti berolahraga di udara terbuka atau kegiatan petani bekerja di sawah, tentu saja kebutuhan air minum semakin meningkat. Apalagi jika suhu tubuh tinggi dan sedang stress maka rasa haus akan semakin terasa. Meski manfaat minum air saat haus untuk menghilangkan dahaga, alangkah baiknya setidaknya kita minum air putih 1 liter lebih banyak dari yang dibutuhkan ketika rasa haus tiba, begitu saran Dr. James M. Rippe, kardiolog dari Sekolah Medis Massachusetts Amerika Serikat.

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, soal hilangnya cairan tubuh harus lebih diperhatikan. Untuk mengisi ulang cairan tubuh harus menggunakan cairan yang tepat…siapa lagi kalau bukan air putih. Jim Jones, pakar makanan terkemuka di AS sangat prihatin karena banyak orang ingin hidup sehat tapi melupakan air putih. Orang jaman sekarang lebih senang minum kopi, teh atau air kola. Manfaat kesehatan yang diberikan air putih tidak dapat digantikan oleh minuman apa pun di pasaran. Termasuk di sini sari buah-buahan yang penuh vitamin sekalipun. Memang nutrisi sari buah sangat penting tapi tidak bisa membersihkan tubuh kita.

Dengan segala manfaatnya air bisa menjadi obat, minuman, terapi air dan tentu saja untuk pengairan di sawah dan ladang. Air hujan sebagai rahmat dari Yang Maha Kuasa sebentar lagi akan tercurah dari langit saat musim hujan telah tiba. Tetapi kalau kebanyakan turun akan menjadi bencana banjir. Itu yang tidak kita harapkan, karena itu semoga kita semakin peduli akan keberadaan air dalam kehidupan ini. Apakah itu air hujan, air tanah atau air yang bersumber dari lelehan bongkahan es di daerah bersalju, semuanya membawa manfaat.

Sumber tulisan Mind, Body and Soul.

About these ads