Sahabat sehat dengan inti reiki tentu Anda pernah menonton film kungfu maupun silat tai chi di gedung bioskop bukan? Atau Anda menonton film silat taichi yang diputar ulang oleh stasiun televisi di rumah? Tidak menjadi masalah lokasi tempat menonton film tai chi ini, apakah di gedung bioskop atau lewat tayangan televisi, semua bertujuan mencari hiburan sekaligus mencermati apa arti gerakan silat Tai Chi Chuan yang diperagakan oleh pemainnya.

Kalau sudah melihat film tadi, coba perhatikan dengan seksama gerakan tai chi tadi? Apa yang Anda lihat dengan gerakan Tai Chi itu? Kita lihat bagaimana seorang pesilat tadi mampu melakukan Tai Chi dalam gerakan lembut yang dimaksudkan untuk melatih seluruh otot tubuh.

Itu yang kasat mata. Tetapi yang tidak terlihat mata dari gerakan tadi sesungguhnya mereka sedang berlatih memperbaiki aliran energi. Melatih energi utama dalam tubuh lewat gerakan taichi untuk menunjang kesehatan sehingga pikiran dan jiwa menjadi tenang.

Menurut Prihatin yang berlatih Tai Chi sejak umur 12 tahun gerakan lembut tadi dimaksudkan untuk mendapatkan Chi lebih dari ukuran biasanya yang bersumber dari alam. Gerakan lembut termasuk di dalamnya gerakan Tai Chi akan mengambil udara di sekitar kita dan menjadikan energi itu melalui pernapasan perut.

Pernapasan perut caranya dengan menghirup udara lewat hidung lalu ditahan sebentar agar tersimpan di dalam perut setelah itu baru udara dihembuskan keluar lewat mulut. Yah…teknik pernapasannya mirip olah raga bela diri yang pernah dan sering sehat dengan inti reiki praktekkan hingga sekarang ini.

Teknik pernapasan ini memang terbukti mampu membuat tubuh selalu bugar dan tentunya sehat. Hanya saja teknik bela diri silat asli Indonesia ini, sambil mengatur pernapasan lalu mengejangkan seluruh otot tubuh. Untuk jelasnya sahabat bisa melihat yang satu ini setelah saya jeda sebentar untuk menarik napas segar agar tulisan kembali lancar masuk ke alinea berikutnya.

Senam Kungfu Tai Chi untuk kesehatan, penyembuhan dan panjang umur.

Proses menghirup-menahan-membuang napas dengan teknik pernapasan perut kalau boleh sehat dengan inti reiki sebut sebagai teknik mengolah tenaga dalam. Power yang dihasilkan dari teknik ini memang bisa untuk tenaga bela diri sekaligus mematahkan benda-benda keras hanya dengan teknik sabetan tangan atau tendangan kaki dalam satu gerakan silat.

Hanya saja untuk mendapatkan power yang kuat saat berlatih pesilat harus mampu menahan napas dan mengkondisikan tubuhnya seluruhnya kejang…kejang…kejang kecuali daerah kepala. Itu power dengan mengolah napas teknik bela diri asli Indonesia yang saat ini muridnya sudah ribuan jumlahnya.

Selanjutnya Suhu Prihatin Master Tai Chi menjelaskan lebih lanjut soal Tai Chi bahwa tenaga yang dihasilkan oleh otot disebut tenaga luar. “Tai Chi mencari tenaga dalam melalui gerak dan pernapasan perut,” katanya.

Ilmu kedokteran China menjelaskan bahwa chi mengalir ke seluruh saluran tubuh secara otomatis kendati pun kita tidak menyadarinya. Untuk membangkitkan aliran chi ini tubuh harus dalam kondisi rileks dan pikiran tenang serta tidak membebani perut. Tai Chi Chuan menekankan upaya menjaga tubuh dalam kondisi selalu rilek lalu mengalirkan chi ke tan tien (area di bawah pusar).

Orang China mengatakan, “Biarkan chi masuk atau turun ke tan tien. Jika tubuh rileks kita akan merasakan adanya kekuatan di dekat tan tien. Karena itu dengan sering mempraktekkan Tai Chi secara benar, chi bisa dibuat tetap bertahan pada tan tien.”

“Memang kedengarannya sulit belajar Tai Chi ini. Tapi sebenarnya tidak,” ucap dr. Paul Lam (52) seperti dikutip Situs Arthritis Today. Dr Lam adalah seorang guru Tai Chi bermukim di Sydney dan telah mempraktekkan Tai Chi lebih dari 30 tahun lalu hanya untuk mengatasi masalah osteoarthritis yang menderanya ketika masih berumur 20 tahun.

Menurut ilmu kedokteran China percaya bahwa penyakit terjadi karena terhambatnya atau tidak seimbangnya aliran chi. Selama aliran chi lancar tidak ada hambatan maka tubuh akan sehat. Jika aliran chi dalam tubuh tiba-tiba tidak seimbang orang akan sakit. Karena itu orang China lalu mempraktekkan gerakan silat Tai Chi di samping untuk bela diri sekaligus juga untuk menjaga kesehatan badan.

Selain di Sydney Tai Chi Chuan juga dipraktekkan di New York. Penelitian ilmiah di Medical Academy of Shanghai Thangsam Medical Center dan Bellevue Hospital di New York City menunjukkan Tai Chi Chuan dapat merangsang sistem saraf pusat, menurunkan tekanan darah, meredakan stress dan secara lembut memperkuat otot tanpa membebaninya. Tai Chi juga memperbaiki pencernaan, pembuangan sisa metabolisme tubuh dan sirkulasi darah.

Gerakan Tai Chi secara teratur tanpa disadari juga ikut memijit organ dalam dan memperbaiki fungsi organ tersebut. Kiranya masih ada manfaat lain dari olahraga bela diri Tai Chi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja? tunggu serial Tai Chi Chuan lanjutan yang tersisa esok hari.

Sumber : Mind, Body and Soul Intisari . Gambar dari http://beladiri.silat.blogspot.com

About these ads