Kijang merah objek perburuan dipancing keluar dengan menggunakan suara manusia yang menirukan suara kijang merah saat sedang birahi.

Tradisi berburu rusa warga Jerman sudah berlangsung berabad-abad. Salah satu cara ampuh untuk menggaet binatang buruan agar keluar dari sarangnya adalah menirukan suara rusa persis suaran aslinya. Itulah kira-kira yang dilakukan sebagian warga Jerman yang hobi berburu dengan mencoba menirukan suara binatang buruannya.

Jika Anda merasa bisa menirukan suara rusa barangkali ada kesempatan emas menjadi juara Eropa. Salah satu calon juara itu adalah Andreas Toepfer yang memenangi kejuaraan memanggil rusa tingkat nasional di Jerman. Menurut kilasan kawat sedunia yang mewartakan peristiwa unik ini, bahwa cara unik yang dilakukan Toepfer dan peserta lomba lainnya adalah menggunakan berbagai alat untuk menangkap buruannya itu.

Alat yang dipakai mulai dari tanduk lembu, cangkang bekicot sampai ranting tanaman. Dalam uji coba ini Toepfer mencoba menirukan suara rusa merah ( cervus elaphus ) yang sedang berahi seperti saat musim kawin hewan tersebut bulan September – Oktober. Suara itu akan membuat rusa-rusa lain keluar dari tempat persembunyiaannya di hutan.

 

Kejuaraan memanggil rusa ini digelar untuk memperingati tradisi berburu warga Jerman yang sudah berlangsung sejak berabad-abad silam dan sampai kini masih dilestarikan penduduk setempat. ” Berburu binatang hutan tidak harus menembak bahkan membunuh binatang buruan, tetapi lebih kepada pengalaman mengakrabi alam saat Anda bisa memanggil seekora rusa hingga jarak beberapa meter saja,” tutur Immo Ortlepp, salah seorang peserta lomba yang digelar di Dortmund Jerman pekan lalu.

Tahun ini untuk pertama kalinya lomba digelar 13 tahun lalu, ada seorang peserta perempuan, yakni Hildegard Zervos. Ia begitu antusias mengikuti lomba ini sambil mengatakan, ” Sangat menyenangkan dan mendekatkan kita dengan alam,” tuturnya. Dalam kejuaraan ini akhirnya Toepfer akan memakili Jerman di kejuaraan memanggil rusa tingkat Eropa di Slovenia. Kita tunggu saja hasilnya.

About these ads