Minggu pagi tadi warga Jakarta yang sering berolah raga di Monas hampir selalu berpapapasan dengan kelompok Jamaah yang sedang menuju Masjid Istiqlal. Demikian pula diseberang Masjid Istiqlal kita juga sering melihat saudara kita Umat Nasrani juga sama-sama sedang beribadah di Gereja Khatedral. Banyak orang percaya ritual agama adalah jembatan menuju sorga atau nirwana.

Ritual agama ini bila dilakukan dengan khusuk dipercaya membawa jiwa umatnya pada hubungan transendental dengan Sang Maha Pencipta. Hubungan yang berlandaskan kepasrahan total antara hamba dengan Rob-Nya. Di sini zikir, doa Rosario atau apa pun namanya hanya bagian ritual di antara sekian ritual agama yang sangat menjanjikan kedamaian di hati setiap umat pemeluknya.

Cara menjalankan ibadah di Minggu pagi yang kebetulan sehat dengan kundalini reiki dan teman kerabat kerja, saat meliput di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu, merupakan doa permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar perjalanan hidup berbangsa dan bernegara mendapatkan keharmonisan saling menghormati di antara umat beragama di Indonesia ini. Cara melakukan ritual ini bervariasi, ada yang dilakukan sendirian ada juga yang dilakukan bersama jamaah lainnya.

Ritual agama di Minggu pagi itu jika disantap sebagai menu harian bagi umat beragama dapat membantu seseorang untuk selalu ingat kepada Sang Pencipta sehingga bisa melepaskan beban hati dan pikiran yang sedang kalut menuju pencerahan diri. Dengan hilangnya beban pikiran untuk sementara waktu menjadikan bathin tenang, jiwa pun ikut tenang dan bersih.

Semakin bersih dan bening hati seseorang semakin jelas ia memandang hakikat kebenaran di mana pun dia berada di bumi ini. Ia merasakan kehadiran-Nya dalam setiap gerak gerik kegiatannya . Ia takut berbuat salah yang menjerumuskan perbuatan dosa karena Sang Khalik melihat-Nya. Karena itu ia berusaha berbuat kebajikan dengan amal baik. Dengan hati yang bening ia akan mudah merasakan getaran-getaran Ilahi dalam jiwanya.

Efek dari ketenangan bathin tubuh pun minim gangguan penyakit sehingga menjadi manusia sehat. Sehat secara sosial juga sehat spiritual. Itulah doa yang biasa kita panjatkan berulang-ulang kepada Sang Khalik setiap hari dalam ritual ibadah . Pertanyaan sehat dengan kundalini reiki kepada sahabatku semua…sudahkah untuk hari ini saja kita melaksanakan kewajiban sebagai umat beragama, beribadah tepat waktu dan berdoa dengan khusuk?

About these ads