Rambut putih milik sehat dengan reiki satu persatu telah muncul. Rambut putih yang menghiasi kepala identik dengan datangnya usia lanjut. Manula, itu istilah rekan-rekan dari Paguyuban Reiki kepada saya beberapa waktu lalu. Ada pula yang mengaitkannya dengan sikap bijaksana. Namun bila helai-helai uban itu datang lebih cepat, tak jarang bikin bingung. Orang pun sibuk menutupinya dengan segala cara. Mengapa uban begitu cepat tumbuh sebelum waktunya?

Ingat kisah permaisuri Raja Louis XVI dari Perancis, Marie Antoinette? dialah seorang ratu yang cantik, muda dan glamor. Namun kecantikan dan kejayaannya lenyap seketika seiring meletusnya Revolusi Perancis. Gonjang-ganjing revolusi membuat rambutnya yang pirang menawan itu menjadi cepat memutih di usia yang relatif muda.

Sejak kisruh politik tahun 1789 itu Sang Ratu dikabarkan mengalami stres terus-menerus sampai ajal menjemputnya empat tahun kemudian. Stres memang merupakan salah satu faktor penyebab ubanan sebelum waktunya. Menurut Dr. Wirda A Rusli, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Mitra Keluarga Jatinegara, stres bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut menjadi putih karena melanosit tidak lagi memproduksi melanin.

KURANGI B12

Macetnya produksi pigmen karena stres ini bersifat sementara. Bila tubuh sudah tidak mengalami stres, produksi pigmen kembali lancar. “Karena itu, atur keseimbangan waktu untuk bekerja, istirahat dan rekreasi. Dengan demikian stres bisa diatasi dengan baik dan rambut beruban sebelum waktunya bisa dicegah,” ujar Dr. Wirda.

Komsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 juga akan menghambat pertumbuhan uban.Menurut diana Bihova, M.D. dari New York University Medical Center, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Terkurasnya vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Keadaan gizi buruk dengan asupan makanan yang kurang seimbang juga mempengaruhi kesehatan rambut.

Gizi yang buruk tidak hanya menimbulkan uban tapi juga mengganggu kondisi kesehatan rambut secara umum.Itu sebabnya anak-anak yang mengalami gangguan gizi berat rambutnya tampak kemerahan dan tidak sehat. Dokter Wirda menambahkan, konsumsi gizi yang cukup pun bisa saja tidak bermanfaat bila terjadi gangguan pencernaan, misalnya ada luka di lambung. Gangguan pencernaan membuat metabolisme berlangsung tidak semestinya, sehingga makanan bergizi terbuang percuma.

KINERJA GINJAL

Berkurangnya produksi pigmen rambut sehingga menimbulkan ubanan adalah wajar sat usia memasuki akhir 30-an atau awal 40-an. Menurut akupunturis dan ahli tanaman obat Putu Oka Sukanta, rambut putih pria mulai ditumbuhi uban pada usia 40-an sedang wanita pada pertengahan 30-an.

Dari segi akupuntur tumbuhnya uban di usia muda menunjukkan kinerja ginjal dan paru-paru kurang berfungsi optimal. “Fungsi ginjal dan organ tubuh lain pada pria dan wanita paruh baya sudah tidak optimal lagi, sehingga tumbuhnya uban di kepala mereka adalah wajar,” ungkap Putu Oka. Di samping itu faktor eksternal juga mempercepat tumbuhnya uban di usia muda. Faktor eksternal tersebut adalah penggunaan minyak rambut, cat rambut, jenis-jenis makanan tertentu serta polusi.

Putu sendiri tidak menyarankan untuk mencabuti uban karena menurutnya kulit kepala penuh dengan susunan syaraf. Memilih cat ambut juga harus cermat karena kecocokan kulit kepala setiap orang dengan cat rambut berbeda-beda. Ia menyarankan beberapa cara alami untuk mengatasi uban yang tumbuh sebelum waktunya.

Saran ini juga selaras dengan pendapat sehat dengan reiki bahwa untuk mengatasi uban sebelum waktunya dengan cara olah napas, meditasi, olahraga dan akupresur. Dari sisi makanan ia menganjurkan untuk selalu mengkonsumsi sumber pangan yang berkhasiat menguatkan ginjal serta paru-paru. Pemakaian minyak rambut rambut alami yang dibuat dari minyak wijen, keniri atau cem-ceman daun mangkokan serta daun dan bunga sepatu juga sangat baik untuk memperlambat tumbuhnya uban.

Daun bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut agar uban tidak cepat tumbuh sebelum waktunya.

“Minyak tersebut dioleskan pada kulit kepala. Pengolesan yang disertai pemijatan kulit kepala yang benar dapat memperlancar energi CHI di kepala,” imbuhnya. Tak lupa Putu Oka juga menyarankan pemakaian sampo yang mengandung bahan alami dan tidak terlalu banyak mengandung soda. Selama ini orang menganggap sampo yang baik adalah yang banyak busanya, padahal banyak busa berarti banyak soda dan justru tidak sehat untuk rambut.

Nah berikut ini sehat dengan reiki sarankan agar Anda yang belum beruban dan mau menghitamkan rambut sebaiknya pergunakan daun bunga sepatu yang diberikan oleh Mas Pupung dari Semarang untuk tip sehat menghitamkan rambut dengan cara:
1. Ambil 15 helai daun kembang sepatu untuk sekali pemakaian.
2. Pilih daun yang berukuran sedang, tidak terlalu tua atau muda.
3. Haluskan daun tersebut dengan blender lalu saring untuk memisahkan ampas dengan minyaknya.
4. Oleskan minyak yang dihasilkan pada kulit kepala satu jam sebelum keramas seminggu dua kali.
5. Simpan ramuan penghitam rambut alami ini di lemari es untuk pemakaian sekitar dua minggu.
6. Ramuan ini dapat dimanfaatkan untuk beberapa kali pemakaian tergantung kondisi rambut.

Bagaimana menurut Anda bila sudah ada uban di kepala? Sebaiknya kita segera banyak bertobat karena tanda-tanda kiamat kecil setiap manusia telah tiba. Lebih baik bersikap nrimo karena uban yang tumbuh di kepala berarti uban wibawa dan tumbuhnya di kepala juga atas Kehendak Yang Maha Kuasa.

Sumber: gaya hidup sehat ( disunting )

About these ads