Minggu malam esok biasanya pukul 21.oo hingga 22.oo wib Radio Sonora Jakarta kembali mengudarakan acara musik klasik. Kali ini sehat dengan kundalini reiki ingin mengajak Anda pembaca blog ini untuk turut serta belajar meditasi dengan iringan musik klasik. Kenapa musik klasik? Karena musik klasik yang iramanya tenang, teduh seakan-akan menarik diri kita berkunjung kembali ke masa lampau. Barangkali menengok ke kehidupan masa lalu diri kita.

Memang seseorang yang telah mendalami reiki dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari akan merasakan kemajuan saat melakukan meditasi. Namun bagi Anda yang non praktisi reiki pun jangan berkecil hati melakukan meditasi. Semua mempunyai peluang sama untuk dapat hidup bermeditasi. Bagi praktisi reiki saluran energi sudah menjadi bersih dan getaran energinya pun telah menjadi tinggi, sehingga dapat memperluas kesadaran dengan cepat dan mudah..

Sebenarnya baik praktisi reiki atau pun bukan ketika melatih meditasi sesering mungkin tujuannya melatih agar gelombang pikiran mencapai tingkat alpha ( frekuensinya antara 8 – 12 Hz ). Dengan kondisi seperti ini diri kita begitu santai, tidak ada beban pikiran yang menggelayut bhatin kita. Kondisi ini akan tercapai manakala di lingkungan kita dalam suasana tenang. Tidak ada suara yang mengganggu ketenangan kita bermeditasi.

Posisi duduk meditasi klasik punggung lurus, bersila, kedua telapak tangan di atas kedua lutut menengadah ke atas. Rasakan getaran energi alam semesta saat hening sudah menyertai Anda.

Kalau diri sudah dikondisikan santai, kita dapat melangkah ke dalam keadaan lebih hening lagi di mana gelombang pikiran mencapai frekuensi antara 4 – 8 Hz. Frekuensi ini dapat diukur dengan alat pengukur neurofeedback yang mengkondisikan gelombang pikiran berada dalam tingkat theta.

Memang dalam Rei Ki dikenal teknik meditasi yang bertujuan untuk menyeimbangkan energi dan unsur negative ( Ying ) dan unsur positip ( Yang ) di seluruh tubuh. Meditasi ini dapat dilakukan sambil duduk di kursi tanpa sandaran dengan kedua kaki ke bawah menapak lantai atau dengan posisi duduk bersila.

Apabila duduk di lantai sebaiknya diberi alas cukup tebal agar hawa dingin dari lantai tidak menusuk pantat. Sebab hawa dingin ini membawa energi negative tidak baik untuk kesehatan dan bisa menyebabkan rematik. Sebaiknya carilah posisi nyaman untuk melakukan latihan meditasi. Apakah duduk di kursi atau bersila di lantai.

Sambil mendengarkan musik klasik posisi duduk bersila dengan kedua telapak tangan diletakkan di atas kedua paha dekat lutut. Telapak tangan kiri menengadah ke atas di atas lutut kiri dan telapak tangan kanan menengadah ke atas di atas lutut kanan. Dalam waktu singkat apabila kita sudah santai, hening, tenang akan merasakan perluasan kesadaran dan masuk ke dalam meditasi.

Melalui latihan meditasi secara kontinyu setiap harinya akan memberikan manfaat bagi tubuh, kesehatan dan spiritualitas. Kegiatan ini sebenarnya dapat dilakukan setelah kita melakukan doa selepas ibadah menurut iman dan kepercayaan kita. Lakukan dengan sikap pasrah dan jangan menjadi beban. Tunjukkan bahwa kita bisa bermeditasi.

Semua sahabatku, sehat dengan kundalini reiki sudahkah Anda siap melatih meditasi agar bisa hidup dengan tenang? Setelah ketenangan tercapai kesehatan pun akan menyertai diri Anda, semoga ya…sehat dengan kundalini reiki doakan, Anda selalu mendapat berkat/rahmat Tuhan setiap harinya, amin…

About these ads