Ketika sedang asyik membuka e-mail yahoo tanggal 4/2/09 bunyi ketukan pintu pagar nyaring terdengar. Malam itu tetangga yang tinggal bersebelahan dengan sehat berkat reiki memberitahu bahwa sesepuh kampung yang tinggal di lain blog sudah dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. Tetangga yang budiman ini mengajak saya untuk datang takziah.

Kami semua penghuni perumahan ini akhirnya berdatangan ke rumah duka sahibul musibah. Tanpa dikomando Ketua Rt, kesibukan persiapan berkabung di mulai malam itu. Di bawah terangnya Sang Rembulan menyorotkan sinarnya ke bumi, kami berbagi tugas. Yang muda mengambil tenda dan kursi dan memasangnya di jalan, yang tua bapak dan ibu memanjatkan doa di depan jenasah. Tampaknya cuaca begitu ramah di malam berkabung itu, kendatipun sehari sebelumnya hujan selalu turun di perkampungan ini sepanjang hari.

Satu persatu tamu datang mengucapkan bela sungkawa kepada ahli waris sahibul musibah. Di tengah suasana perkabungan seorang tetangga datang mendekati aku. Dia mengeluh soal penyakitnya. Penyakit orang kota yang menjalani gaya hidup modern, selalu didera stress berkepanjangan dan persoalan sress nya ini dibawa ke rumah. Akibatnya dia kena insomnia.

Sambil duduk menyeruput kopi panas tetangga ini minta pendapat bagaimana mengatasi penyakit susah tidur. Sehat dengan Reiki kasih jawaban bahwa penyakit tidak bisa tidur hanya bisa diatasi dengan minum pil tidur. “Ah…saya tidak mau lagi minum pil tidur. Sudah aku coba selama 1 tahun ini hasilnya nihil,” katanya. “Minum pil tidur malah jantungku deg-degan. Keluargaku semua sudah ngorok aku malah “klisikan” terus hingga datangnya subuh aku baru bisa merem punya mata ini. Sialnya baru tidur 1 jam sudah terbangun lagi,” tambah semangat dia menceritakan penyakitnya.

Mendengar penuturan itu saya kasih saran agar mau belajar Hipnosis. Mempraktekkan “self hipnosis untuk diri sendiri”. Coba saja membuat rileksasi lebih dulu sebelum tidur, lalu sambil berbaring di tempat tidur olah nafas panjang secara pelan-pelan dan affirmasikan pernyataan positif ke dalam diri. Dalam hal ini pernyataan susah tidur. “Tapi kalau belajar hipnosis kan kesannya jelek kaya belajar memberi sugesti kepada orang lain,” tambah ngeyel lagi tetangga ini menyanggah saran saya.

Akhirnya daripada berdebat di rumah duka, saya kasih jurus cepat atasi masalah susah tidur. Mau tau jurus ini? Simak yang satu ini dengan pikiran terbuka dan membuka hati nurani. Ini adalah pelajaran tingkat tinggi dalam pembelajaran Reiki. “Ya…itu yang saya maksudkan. Sampeyan kan praktisi reiki dan biasa me-reiki orang tentunya punya kiat menyembuhkan penyakit susah tidur dengan reiki,” tambah semangat tetangga ini ketika saya menyebut REIKI dalam perbincangan malam itu.

Sebenarnya praktik hipnosis bukan hal baru dalam kehidupan sehari-hari. Seorang ibu yang melihat bocah ciliknya terjatuh saat belajar berjalan pasti mengucapkan, ” Enggak apa-apa, cepat besar ya. Ayo, bangun lagi. Nah begitu, kamu pinter.” Atau ketika anak laiki-lakinya menangis minta dibelikan layangan, si ibu berujar, “Hei…, jangan menangis. Anak laki-laki tidak boleh menangis.” Tanpa disadari sebenarnya si Ibu ini sedang melakukan terapi hipnosis terhadap anak-anaknya itu.

Jika dilakukan dengan tepat dan benar, terapi hipnosis banyak manfaatnya. Misalnya, berguna untuk menyembuhkan orang yang sakit kepala kronis akibat stres tersembunyi dan tidak teratasi. Jika dilacak secara medis, penyebab sakit kepala kronis itu tentu akan sulit dideteksi. Bukan cuma sakit kepala, penyakit kronis lain yang menimbulkan rasa sakit tidak tertahankan dapat juga ditangani lewat hipnoterapi.

Bahkan sampai batas tertentu, hipnoterapi dapat membantu menormalkan fungsi-fungsi tubuh, misal sakit yang diakibatkan oleh gangguan tekanan darah. Terapi ini juga dapat menghilangkan kekhawatiran yang menyebabkan insomnia sebagaimana tetangga sehat dengan reiki ini alami. Penyakit insomnia ini kalau terjadi terus menerus berpotensi melemahkan daya tahan tubuh. Begitu pun dengan orang yang pernah mengalami trauma psikologis, fobia (misalnya takut pada ketinggian, atau melihat serangga yang menjijikan/ulat)

Mereka yang ingin menghilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok, minuman keras, makan berlebihan, sampai menurunkan berat badan pun dapat minta bantuan hipnoterapis. Dengan sugesti yang tepat, ahli terapi hipnosis akan memutus hubungan seseorang dengan aktivitas-aktivitas yang hendak ingin dijauhi. Dalam istilah Reiki disebut memutus tali eterik antara Praktisi Reiki dengan objek yang disaluri Reiki.

Bagaimana hipnoterapi bekerja sehingga dapat mempengaruhi otak? Ketika seseorang menerima sugesti, terjadi perubahan dalam intensitas hormonal yang disekresi oleh kelenjar-kelenjar endokrin. Saat disugesti menghilangkan rasa nyeri, otak akan mensekresi (mengeluarkan) hormon endorfin yang memang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan rasa sakit. Selain hormon-hormon, sugesti juga dapat merangsang kelenjar-kelenjar lainnya, seperti ludah, keringat, pengaturan suhu tubuh dan sejenisnya.

Jika selama ini Anda termasuk tetangga saya yang mengalami sulit tidur dan selalu cemas berkepanjangan lakukan tip-tip sehat ala Praktisi Reiki kendati pun anda belum menjadi praktisi Reiki. Inilah tip sehat dengan reiki untuk mengatasi gangguan susah tidur/insomnia. Lakukan rileksasi dengan tenang di tempat tidur.
1. Duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman sampai tidak ada ketegangan pada otot-otot tubuh.
2. Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar nafas di dada, lalu buang/hembuskan nafas melalui mulut. Ulangi dalam beberapa kali tarikan nafas.
3. Tenangkan diri Anda dan bernafas biasa kembali (tarik dan buang nafas melalui hidung). Pelan-pelan tutup mata dengan lembut.
4. Buat rilek setiap bagian tubuh anda , bagian per bagian mulai dari kaki sampai kepala, atau dari kepala sampai ke kaki. Bisa diulang bolak-balik sesuai dengan kemampuan sampai Anda merasa santai sekali tanpa memikirkan beban hidup saat ini. Lakukan rileksasi terus sampai tubuh betul-betul santai seakan-akan tubuh tidak bertulang.

Setelah terasa rilek betul, lakukan visualisasi (membayangkan atau ingat kembali suatu keadaan, misal keadaan menyenangkan). Sambil menghayati dan merasakan kembali perasaan senang itu selama mungkin, niatkan dalam hati, ” Dalam keadaan situasi seperti ini saya bebas kecemasan dan ketakutan.” Perlahan-lahan afirmasikan/self talk kepada kedua mata kita, “Wahai kedua mataku aku perintahkan kamu malas. Matamu berat membuka…berat sekali membuka…berat sekali membuka. Semakin kamu berani membuka mata semakin lengket kelopak matamu. Ayo…tutup matamu segera.”

Lakukan self talk ini dalam hati saja. Ulangi kalimat self talk ini berulang-ulang semampu Anda. Dalam kondisi meditatip seperti ini alam bawah sadar kita mulai merespon self talk ini dan mewujudkannya dalam tindakan fisik berupa mata ngantuk berat , sehingga kita jatuh tertidur tanpa sadar lagi. Self talk bukan saja untuk kasus insomnia saja tetapi dapat juga untuk meningkatkan performa kerja, membenci rokok (bagi orang yang ingin berhenti merokok) dan kebutuhan lain dalam hidup ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan self hipnosis untuk beberapa tujuan, sebaiknya lakukan untuk satu tujuan saja pada setiap sesi self talk. Menanamkan sugesti ke alam bawah sadar kita memerlukan pengulangan-pengulangan. Jadi untuk kasus insomnia ini lakukan self talk berulang-ulang. Bila Anda sudah biasa meditasi dan sebelumnya mampu meraih rileksasi secara cepat akan membuat kondisi tidur dengan nyaman tercapai. Tidak usah minum pil tidur, suplemen ini itu yang akan membuat Anda ketagihan. Ya…kalau tubuh Anda ingin bugar sehat lakukan cara sehat alami seperti ini.

Bagi Anda yang menderita insomnia jika ingin tidur nyenyak siapkan “pengaman” dalam memberikan sugesti. Misalnya sugesti yang berbunyi, “Saya akan tidur nyenyak sepanjang malam ini dan Insya Allah akan terbangun esok pagi dengan tubuh segar bugar.” Nah, sugesti itu harus disertai pengaman. “Hanya terbangun bila diperlukan…sebut saja ingin bangun tepat sebelum Azan Subuh berkumandang.” Maksudnya untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda terbangun dengan normal dan tepat waktu.

“Nah karena saya sudah ngantuk maka saya pamit dulu dari acara takziah ini,” kata sehat dengan reiki bergegas meninggalkan rumah sahibul musibah malam itu. “Terima kasih atas tip-nya, tapi saya hanya ingin bisa tidur sementara saja dengan nyenyak, bukan tidur abadi seperti tetangga yang sudah almarhum ini.” kata tetangga si susah tidur ini. “Kalau keinginan itu mohonlah kepada-Nya agar dipanjangkan usia.Tapi ingat semua manusia pasti akan kesana…cepat atau lambat,” kata saya lirih.

Kalau begitu, sudahkan Anda siap bila foto diri Anda dipajang menjadi cover boy/girl Surat Yasin… bagi yang muslim-muslimat. Atau nama Anda mendapat gelar RIP bagi yang non Muslim?

About these ads